Pandemi covid-19 masih belum berakhir, sampai PPKM Darurat daerah Jawa-Bali terus diperpanjang.  Ini berarti Anda tidak keluar rumah selama beberapa hari ke depan sampai situasi terkendali. Jadi tidak ada perjalanan dan tidak diperbolehkan untuk perjalanan panjang. Saatnya untuk menempatkan kendaraan roda dua Anda ke hibernasi. Tetapi untuk memastikan bahwa motor Anda dapat dikendarai lagi segera setelah PPKM dilonggarkan, Anda perlu mengambil beberapa tindakan pencegahan. Berikut beberapa tips mudah untuk merawat kendaraan roda dua Anda selama PPKM yang telah dikutip oleh Otodiva.com dari carandbike.com. Yuk simak!

1. Parkir di Ruang Tertutup dan Gunakan Pelindung

Tempat parkir tertutup hampir menghilangkan setengah dari masalah Anda, ketika Anda ingin menyimpan kendaraan roda dua Anda untuk waktu yang cukup lama. Namun demikian, tidak semua orang memiliki melakukan itu, itulah mengapa penting bagi Anda untuk berinvestasi dalam perlindungan yang baik. Anda bisa melindungi sepeda motor atau skuter dari debu dan panas. Ini juga akan menjadi pencegah terhadap hewan liar yang dapat menggores panel dan kursi. Pastikan untuk mengikat penutup dengan benar agar tidak tertiup angin pada hari yang berangin.

2. Parkir dengan Standar Tengah

Sebagian besar sepeda motor dan skuter dilengkapi dengan stand tengah dan Anda harus menggunakannya saat memarkir kendaraan roda dua Anda. Hal ini memungkinkan semua cairan termasuk bahan bakar dan minyak berada pada tingkat yang seimbang. Disarankan juga untuk menambahkan disc lock atau spoke lock pada kendaraan roda dua Anda untuk menghindari pencurian. Ini terutama diperlukan jika Anda parkir di area terbuka dan tidak memiliki keamanan apa pun. Jangan lupa juga isi tangki bahan bakar Anda dengan bensin sebelum memarkir kendaraan roda dua untuk menghindari karat.

3. Lepaskan Baterai

Dengan jumlah kasus Covid-19 yang fluktuatif, kemungkinan PPKM dapat diperpanjang lebih jauh. Dalam hal ini, ada kemungkinan besar baterai Anda akan benar-benar habis pada saat Anda kembali mengendarai kendaraan Anda.  Untuk menghindari hal yang sama, sebaiknya lepaskan baterai jika Anda berencana untuk memarkirnya untuk waktu yang lama. Anda juga harus menggunakan kesempatan untuk memeriksa kadar asam dan mengisi ulang hanya dengan air suling. Hal ini terutama diperlukan untuk baterai lama yang cenderung tidak dapat menahan daya dalam waktu lama.

4. Lumasi Pelumas

Bagian yang bergerak pada setiap kendaraan roda dua perlu dilumasi untuk memastikan kelancaran fungsi. Bagian termasuk rantai, suspensi, kopling dan tuas rem, footpeg, lubang kunci dan pengencang perlu dilumasi. Anda bisa membeli pelumas khusus. Pastikan untuk mengoleskan emulsi silikon pada bagian karet dan segel untuk mencegahnya menggumpal.

5. Panaskan Mesin Setidaknya Seminggu Sekali

Jika Anda tidak ingin memarkir kendaraan roda dua Anda sepenuhnya selama PPKM dan sangat jarang menggunakannya, Anda harus mencoba memanaskan mesin sepeda motor Anda setidaknya sekali seminggu. Jika Anda bisa, lakukan putaran di sekitar tempat Anda secara rutin agar tetap berjalan setidaknya selama 10-15 menit. Pastikan Anda mengikuti protokol kesehatan saat keluar rumah. Anda juga dapat memindahkan sepeda motor Anda setiap beberapa hari di garasi Anda sendiri untuk menghindari titik datar pada ban. Pastikan ban tetap terisi penuh sebelum memarkir kendaraan.

Ingat, waktu terbaik untuk berkendara bukanlah saat ini.  Ini adalah masa-masa sulit bagi bangsa kita dan perlu dukungan dan kerja sama kita masing-masing untuk melewati pandemi ini.  Lakukan sanitasi secara teratur dan selalu gunakan masker saat keluar rumah.



Baca Juga, Tips Memilih Jok Motor Terbaik Untuk Motor Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here