Mungkin bagi sebagian orang masih sering merasa takut dan khawatir saat mengendarai motor di jalan, khususnya bagi para pemula. Perasaan itu sangat normal dirasakan oleh semua pengendara motor. Maka dari itu penting sekali untuk menghindari kecelakaan motor saat dijalan. Menurut pemimpin masyarakat dan lembaga lokal, ada beberapa tips menyelamatkan jiwa untuk memastikan keselematan semua pengendara motor yang berpergian di jalan. Berikut tipsnya yang dikutip oleh otodiva.com dari abc4.com. Yuk simak!

1. Fokus

Pindai 12 detik ke depan saat anda sedang mengemudi. Penting untuk tetap fokus saat mengemudi. Mirip dengan olahraga ski, penting untuk melihat jauh ke depan. Tapi di kota, awasi gang dan belokan untuk menghindari kesempatan yang bisa diselip oleh pengendara lain.

“Berkonsentrasilah hanya pada Anda saat mengemudi dan hindari penggunaan Walkman,telepon, dan lain sebagainya. Pada skuter atau sepeda motor, semua indra harus selalu waspada,” kata Utah Rider Education.

2. Gunakan feeling terhadap pengendara lain

Menurut para ahli, ketika di jalan sangat penting untuk membaca perilaku pengendara lain yang bepergian di jalan.

“Waspadalah terhadap mobil dengan perilaku tidak menentu. Pengemudi mungkin sedang menelepon atau mencari petunjuk arah. Nunggu menyalip karena ada kemungkinan besar akan berbelok tiba-tiba, lupa tentunya menggunakan lampu seinnya,” tambah mereka. Saat di jalan, petugas menyarankan pengendara untuk selalu menghormati rambu-rambu seperti lampu lalu lintas, rambu berhenti, hak prioritas, dan lainnya.

Jika Anda bepergian di jalan dan Anda memiliki prioritas, tetaplah melambat. Jangan pernah memaksa bagian itu.

Selain itu, perhatikan juga bekas-bekas solar yang ditinggalkan truk dijalan. Terkadang banyak oli atau minyak yang tidak sengaja tumpah dijalan , ini bisa mengakibatkan kecelakaan jika Anda sampai tergelincir.

3. Perhatikan batasan, jaga jarak!

Menurut Utah Rider Education, tips penting lainnya saat mengendarai sepeda motor adalah memiliki batasan dan jaga jarak dengan pengendara lain.

“Jangan mengikuti mobil terlalu dekat.  Mereka bisa mengerem secara tiba-tiba. Dan antara saat Anda melihat lampu rem mereka menyala lalu anda mengerem, bisa mengakibatkan tabrakan beruntun” kata petugas kepada ABC4. “Ingat bahwa di jalan basah, Anda harus menjaga jarak menjadi dua kali lipat,bahkan dengan mesin yang dilengkapi dengan ABS!”

4. Persiapkan sebaik mungkin

Saat bepergian di jalan raya, pengendara sepeda motor harus membawa tiga barang berikut:

  • Sepatu

Sepatu tertutup sangat penting di musim apa pun. Idealnya, sepatu bot atau sepatu tinggi dilengkapi dengan sol non-slip. Pada sepeda motor, hati-hati dengan tali yang bisa tersangkut di kontrol kaki.

  • Sarung tangan

sarung tangan tidak hanya digunakan untuk melindungi tangan dari hawa dingin. Mereka akan mencegah Anda dari luka bakar serius jika jatuh.

  • Helm

itu adalah satu-satunya perlengkapan wajib. Ada dua jenis, jet dan umum. Yang pertama lebih ringan, nyaman dipakai di musim panas, tetapi tidak melindungi wajah bagian bawah. Inilah mengapa kami sangat merekomendasikan integral yang menawarkan perlindungan maksimal dan Anda tidak boleh lupa untuk menerapkannya.




Baca Juga, Dua Kali Patah Tulang Kaki, Kia Poetri Gak Kapok Motoran.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here