Motor matic memang terlihat lebih praktis dibandingkan motor kopling manual terutama untuk para perempuan. Motor matic hanya mengandalkan gas dan rem sementara sangat berbeda dengan motor kopling manual yang memiliki tambahan yaitu kopling dan gigi. Tentunya dengan perbedaan karakter antara kopling dan matic masing-masing memiliki cara pengoperasian yang berbeda.

Penting bagi pengendara motor matic khususnya pemula untuk mengetahui cara pengoperasian motor kopling ini. Yamaha Riding Academy (YRA) main dealer PT Lautan Teduh di Lampung, turut berbagi tips bagi para pemula yang ingin belajar menggunakan motor kopling manual. Berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari otomotif.kompas.com. Yuk simak!

Pertama-tama Anda perlu mengenali terlebih dahulu fungsi perangkat motor. Tuas kopling berada di tangan kiri. Kopling bertujuan untuk memutus atau meneruskan putaran crankshaft ke transmisi lalu ke roda. “Cek kondisi tuas kopling, pastikan saat menarik terasa halus dan ringan, ini akan memudahkan ketika belajar mengendarainya. Pastikan tuas kopling tidak patah atau rusak agar lebih mudah saat belajar,” ujar Supriyanto. Pada motor kopling manual, perpindahan gir ada yang dari gear 1 ke gear maksimum ditekan ke depan semua dan ada yang dari gear 1 ditekan ke depan selanjutnya gear 2 lalu ke gear maksimum ditekan ke belakang atau dicongkel.

Langkah Pertama

Tanpa Mengoperasikan Gas dan Pindah Gear :

1. Hidupkan mesin dan gear dalam keadaan netral.

2. Injak pedal rem belakang untuk menjaga motor tidak bergerak.

3. Tarik tuas kopling secara penuh agar perpindahan gear lebih mudah dan masukkan ke gear 1.

4. Lepas rem belakang dan lepas tuas kopling secara perlahan, jika melepas terlalu cepat akan membuat mesin motor mudah mati.

5. Jalankan motor tanpa mengoperasikan gas (jika kondisi motor standard/normal), tanpa digas pun motor bisa berjalan.

6. Tarik kopling saat akan berhenti dan lakukan pengereman secara halus.

7. Ulangi tahap ini sampai Anda mengenal karakter motor dengan baik.

Langkah Kedua

Operasikan dengan Gas dan Pindah Gear :

1. Mulai operasikan gas secara halus dan naikan gear untuk menambah kecepatan.

2. Selalu tutup gas dahulu baru tarik kopling saat akan memindahkan gear.

3. Operasikan kopling pada tiga kondisi yaitu saat pertama kali akan jalan, pindah gear (menambah/mengurangi) dan saat akan berhenti.

4. Hindari menarik tuas kopling saat melakukan pengereman, ini akan membuat motor nyelonong karena tidak ada engine brake sehingga lebih susah dikendalikan.

5. Saat menurunkan gear disarankan pada rpm motor yang tidak tinggi, ini akan membuat perpindahan menjadi lebih halus.

6. Ulangi terus-menerus sehingga lebih mengenal karakter motor dan mahir.

Baca Juga, Mungkin Ini Penyebab Motor Mati Mendadak atau Mogok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here