Home Tips Tips 7 Tips Mengemudi di Jalan Raya Untuk Pemula

7 Tips Mengemudi di Jalan Raya Untuk Pemula

0
26

Mengemudi di jalan raya untuk pertama kalinya bisa sangat menegangkan, itulah sebabnya pengemudi baru biasanya hanya menavigasi jalan lokal sampai mereka mendapatkan pengalaman yang cukup untuk berani mencoba ke jalan yang lebih besar dan ramai. Setelah pengemudi baru sudah siap untuk menempuh jalan raya, persiapkan sepenuhnya untuk dapat membantu melakukan transisi yang mulus dan aman dari jalan lokal ke jalan raya.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai mengemudi di jalan raya. Dikutip Otodiva.com dari nationwide.com, ada hal yang harus dipertimbangkan untuk pengemudi yang baru pertama kalinya mengemudi di jalan raya.

1. Pilih waktu yang tepat untuk mulai mengemudi di jalan raya
Jika Anda merencanakan perjalanan di jalan raya untuk pertama kalinya, Anda harus memilih waktu dan tempat yang tepat. Pertimbangkan untuk memulai di jalan raya yang tidak terlalu ramai atau padat. Pastikan Anda berkendara di hari yang cerah, dengan begitu Anda tidak terjebak hujan, salju, atau kabut yang dapat mengurangi jarak pandang Anda.

2. Mulai mengemudi di jalur kanan
Saat Anda mengemudi di jalan raya untuk pertama kalinya, Anda hanya boleh mengemudi di jalur yang benar. Pengemudi muda benar-benar tidak punya urusan menuju ke jalur kiri, yang dimaksudkan untuk berpinda-pindah. “Tetap di jalur yang benar akan membantu mereka berinteraksi dengan lalu lintas yang datang ke jalan bebas hambatan, dan mereka akan menjaga kecepatan mereka lebih mudah di sana,” kata Maria A. Wojtczak, yang memiliki dan mengoperasikan DrivingMBA.

3. Sisakan ruang yang cukup untuk berpindah jalur
Menetapkan kecepatan dan jarak yang tepat tetap menjadi kunci untuk mengelola perubahan jalur di jalan tol. Pengemudi harus meninggalkan jarak empat sampai enam detik antara mobil mereka dan kendaraan di depan mereka saat mereka berpindah jalur. Anda juga harus memeriksa kaca spion, kaca spion samping, dan blind spot secara rutin sebelum beralih. Lebih banyak ruang berarti Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menghindari tabrakan atau bereaksi terhadap puing-puing di jalan raya.

4. Gunakan lampu sein saat menggabungkan dan mengubah jalur
Pengemudi muda harus membiasakan diri menggunakan penutup mata mereka terus-menerus, bahkan jika mereka yakin niat mereka sudah jelas. “Blinker adalah satu-satunya cara kita berkomunikasi dengan pengemudi lain,” kata Chris Duquin, pemilik Stevens Driving School. Sungguh menakjubkan betapa seringnya pengemudi menyebabkan masalah dengan tidak menggunakan lampu sein pada saat berganti jalur di jalan raya.

5. Pertahankan sudut pandang yang luas
Pengemudi yang lebih baru cenderung menatap apa yang ada di depan mereka. Tapi kecepatan jalan raya dan ketidakpastian menuntut sudut pandang yang lebih luas. “Mereka perlu melihat lebih dekat di depan kendaraan mereka, tetapi juga harus lebih mementingkan ke jalan dan ke kaca spion,” kata Duquin. Pengemudi yang baik terus menyesuaikan titik pengamatan mereka.

6. Tetap tenang saat mengemudi
Belajar mengemudi di jalan raya lebih dari sekadar mengemudi dengan benar—ini juga tentang memastikan tingkat kedewasaan pengemudi muda sesuai dengan tugasnya. “Mereka harus mengerti untuk tidak pernah mengambil apa pun secara pribadi, terutama di jalan raya,” kata Michael Soubirous, pensiunan letnan Patroli Jalan Raya California. “Jika seseorang memotong jalanmu, lepaskan. Anda tidak pernah tahu keadaan mental pihak lain dan mungkin mereka melakukan kesalahan atau frustasi. Bagaimanapun, tidak semua pengemudi sempurna membawa mobilnya. ” Lanjutnya.

7. Tetap fokus di jalan
Menurut CDC, pengemudi di bawah usia 20 tahun memiliki proporsi kecelakaan fatal terkait gangguan tertinggi. Itulah mengapa sangat penting untuk tetap fokus di jalan raya. Jangan mengirim pesan teks di ponsel Anda, mencoba mengubah musik atau mengalihkan perhatian dengan berbicara dengan teman atau orang yang sedang berada di dalam mobil saat Anda mengemudi di jalan raya. Maka dari itu, Anda harus tetap fokus pada saat mengemudi karna kalau tidak itu akan menyebabkan resiko pada diri Anda dan juga sekitar Anda.



Baca Juga, Tips Dapatkan Tarif Asuransi Mobil Terbaik

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here