Berkendara yang aman merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya. Tidak hanya mobil, kendaraan lain pun harus kita kendarai dengan tepat. Statistik menunjukkan bahwa kecelakaan mobil sedang meningkat.

Ya, banyak gangguan ketika Anda mengemudi mobi, contohnya anak-anak yang menangis di kursi belakang, handphone yang berdering, atau gangguan lainnya. Tugas Anda adalah tetap mengatur fokus Anda pada jalan raya dan memikirkan keselamatan mereka.

Berikut adalah tips yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi pengemudi yang lebih aman, seperti dikutip Otodiva.com dari Metromile, ssebagai berikut:

Fokus Mengemudi

Jaga perhatian dan mata Anda di jalan setiap saat. Jangan multitasking atau mengerjakan banyak hal saat mengemudi. Singkirkan semua gangguan dan fokus.

Atur kecepatan mobil

Mungkin tergoda untuk mempercepat mobil jika Anda terlambat, tetapi kecepatan tinggi sangat berbahaya dan terlalu beresiko.

fokuskan mata Anda ke mana harus pergi

Jika Anda pernah mengalami diri Anda berputar di luar kendali, fokuskan mata Anda pada tempat yang Anda inginkan dari mobil Anda daripada objek yang mungkin akan Anda tabrak. Karena jika mata Anda melihat ke kanan maka kendaraan Anda juga akan mengikuti.

Pertahankan kontrol saat ban meledak

Cobalah yang terbaik untuk menjaga mobil tetap dalam garis lurus dan memperlambat kecepatan Anda. Menepi ke tempat yang aman bila bisa. Hindari menginjak rem atau mencoba mengebut dalam kasus ini, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada ban Anda dan dapat mempersulit Anda untuk mempertahankan kendali atas kendaraan Anda.

Perhatikan cuaca

Saat cuaca buruk, berkendaralah dengan kecepatan lebih lambat untuk menghindari tergelincir. Nyalakan lampu Anda pada siang atau malam hari saat hujan atau jika ada kabut. Ingat juga saat cuaca buruk, kuasai rem untuk mempertahankan kontrol yang lebih baik atas kendaraan Anda.

Baca juga : 5 Manfaat Utama Detailing Interior Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here