Ukuran RV berkisar dari van hingga seperti bus yang melayani rute antarnegara bagian. Di luar skala tipis, rumah di atas roda ini mempunya beban yang sangat berat dan juga memiliki visibilitas terbatas, sehingga membuat mobil ini sulit untuk dikendarai. Tetapi dengan persiapan, latihan, dan beberapa peningkatan, anda bisa meningkatkan keamanan secara keseluruhan.

Periksa kembali keamanan mobil

Konsultasikan mobil anda sebelum dan bahkan sesudah melakukan perjalanan. Seperti memeriksa kondisi ban, memeriksa sabuk pengaman, memeriksa selang yang berada di bawah kap, memeriksa oli dan cairan lainnya, dan juga mengecek lampu luar dan lampu sein apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Perhatikan Pemeliharaan RV

Banyak RV yang setelah digunakan untuk menempuh jarak jauh kemudian diparkir dan tidak digunakan untuk waktu yang lama. RV sendiri memiliki pola penggunaan yang sangat berbeda dari mobil biasa, rawat kendaraan anda sesuai jadwal yang direkomendsikan oleh dealer.

Ganti ban RV yang sudah tua

Terlepas dari berapa banyak atau berapa lama mobil ini digunakan, dianjurkan untuk mengganti ban pada usia 10 tahun sejak tanggal pembuatan atau lebih cepat jika ditentukan dalam manual pemilik kendaraan.

Tambahkan monitor tekanan ban

Monitor tekanan pada ban dapat memperingatkan anda tentang masalah sebelum menjadi bencana. Ada beberapa produk yang dibuat khusus untuk RV, dengan tingkat kekhususan yang berbeda. Sistem yang lebih baik akan melibatkan sensor di dalam ban, dengan tampilan digital jauh dari tekanan ban.

Seimbangkan berat pada mobil RV

RV haru dimuat berdasarkan kapasitas berat dan distribusi, termasuk berat kendaraan derek atau trailer, kargo di gudang bawah tanah, dan air di tangki. Untuk detail pemuatan khusus untuk kendaraan RV, lihatlah panduan untuk RV di internet ataupun dealer.

Berlatih mengemudi RV

Mengoprasikan RV sangat berbeda dengan mengendarai mobil atau truk pickup. Jadi, penting untuk berlatih mengemudi. Setiap tipe memiliki kekhasan tersendiri, sepeti jarak pengereman, jarak atap, hingga jarak radius belok.

Pasang kamera cadangan pada bagian belakang RV

Jika RV anda tidak dilengkapi dengan kamera cadangan, pasanglah satu dibelakang agar dapat melihat pada saat mundur, jika tidak ada mintalah seseorang untuk berdiri di belakang denga radio genggam untuk menghindari bahaya yang mungkin ada di zona buta anada.

Baca juga : Tips Menghindari Mabuk Perjalanan saat Liburan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here