Terlepas dari seberapa jauh Anda melakukan perjalanan, Anda harus waspada saat mengemudi. Wanita adalah sasaran serangan seksual, pembajakan, pemerkosaan, dan aktivitas kriminal lainnya, dan ketika Anda mengemudi sendiri, Anda menempatkan diri Anda dalam posisi yang rentan. Untuk mencegah aktivitas berbahaya terjadi pada Anda, berikut adalah beberapa tips keselamatan agar Anda tetap aman saat mengemudi sendirian seperti dikutip Otodiva.com dari Women Against Crime. Simak yuk!

1. Selalu Kunci Pintu Mobil Anda

Bahkan ketika Anda mengemudi, sangat penting bagi Anda untuk mengunci pintu mobil Anda. Anda mungkin berhenti di tempat pemberhentian atau duduk di penyeberangan dan penyerang dapat dengan mudah melompat ke mobil Anda, menuntut Anda melakukan apa yang dia katakan. Hal kecil seperti mengunci pintu mobil adalah tindakan sederhana dan dapat menyelamatkan hidup Anda dan kendaraan Anda. 

2. Selalu Lihat ke Kursi Belakang

Bahkan jika Anda naik ke kendaraan Anda di tengah hari, Anda harus mengembangkan kebiasaan untuk melihat ke kursi belakang Anda. Pembajak dan penyerang dapat bersembunyi di kursi belakang sampai saat yang tepat. Ini sangat penting untuk pemberhentian cepat seperti berlari ke pompa bensin, pergi ke tempat istirahat, dan lain-lain. Penyerang tahu bahwa Anda cenderung tidak khawatir mengunci pintu kendaraan Anda. Plus, dalam banyak situasi, mereka tidak perlu menunggu lama untuk Anda kembali ke kendaraan Anda.

3. Meminta Tolong Pada Orang Yang Terpercaya

Tips lainnya untuk pengemudi wanita adalah jika kendaraan Anda mogok di pinggir jalan, pastikan untuk meminta bantuan baik dari polisi, anggota keluarga, atau teman baik Anda yang tinggal di daerah tempat Anda memarkirkan mobil. Beberapa pria mungkin menawarkan untuk membantu tetapi mengambil keuntungan dari situasi ini, terutama jika Anda sendirian dan di jalan yang tidak sering dilalui.

4. Jangan Pernah Menepi untuk Seseorang yang Memberi Sinyal Tidak Jelas kepada Anda

Beberapa kejadian terjadi karena penyerang berkedip atau memberi isyarat kepada seorang wanita untuk memperingatkannya bahwa ada sesuatu yang salah dengan kendaraannya. Jika ini terjadi pada Anda, jangan pernah menepi ke sisi jalan, terutama jika tidak ada orang lain di sekitar dan di luar gelap. Kecuali Anda merasakan bahaya secara langsung, lanjutkan mengemudi ke tempat yang aman seperti kantor polisi atau di tengah tempat parkir yang sibuk dengan kamera keamanan.

5. Berhati-hati dalam Memarkirkan Mobil

Ketika Anda akhirnya mencapai tujuan Anda, berhati-hatilah di mana Anda akan meninggalkan kendaraan Anda. Tempat parkir Anda dapat membuat diri Anda rentan terhadap perampokan, pemerkosaan, dan penyerangan. Untuk menjaga diri Anda tetap aman, hindari daerah gelap dan terisolasi. Usahakan parkir di dekat lampu jalan dan di area yang paling padat penduduknya. Jika sudah larut malam, mintalah seseorang untuk mengantar Anda ke kendaraan Anda atau datang dengan seorang teman. 

Mengemudi sendiri seharusnya tidak membuat Anda merasa tidak nyaman dan takut. Namun, ada banyak bahaya yang perlu Anda waspadai. Dengan waspada dan sadar akan lingkungan Anda dan membangun beberapa kebiasaan keselamatan, Anda dapat meningkatkan keselamatan Anda saat sendirian di dalam mobil.


Baca Juga, 3 Tips Meningkatkan Kebiasaan Kamu dalam Mengemudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here