Pasti ada saat dimana Anda akan kehabisan bensin atau bahan bakar di perjalanan, entah saat macet panjang atau saat sedang bepergian namun tidak ada pom bensin selama perjalanan. Ini merupakan berita buruk untuk para pengemudi terutama jika Anda sedang bepergian dengan banyak kerabat atau keluarga. Saat bensin Anda habis, banyak kemungkinan kerusakan yang akan terjadi lho, nah berikut beberapa informasi yang sudah Otodiva.con kutip dari J.D. Power. Yuk simak!

Apa yang Akan Terjadi dari Dibalik Kemudi?

Anda mungkin telah berpikir bahwa ketika mobil Anda kehabisan bensin, mesin akan berhenti berjalan, tetapi biasanya tidak seperti itu. Penih sering mobil akan menunjukkan tanda-tanda “kelaparan bahan bakar” yang meliputi mesin sputter, lonjakan daya intermiten, dan bahkan mungkin mesin bumerang. Anda pasti akan melihat hilangnya daya, dan itu adalah indikasi Anda untuk mengemudi ke bahu kanan sejauh mungkin dari permukaan jalan yang Anda bisa dengan aman.

Proses ini akan menjadi lebih menantang dengan kenyataan bahwa ketika mesin Anda mati, tenaga hidrolik ke rem dan kemudi Anda ikut mati. Itu tidak berarti Anda tidak bisa menyetir atau menghentikan mobil. Ini berarti bahwa pengereman dan kemudi akan membutuhkan upaya tambahan. Jika Anda mengendarai mobil dengan power steering elektrik, Anda beruntung karena electric power-assist akan terus berfungsi selama ada daya di aki mobil Anda. Kemudi tenaga listrik mungkin merupakan fitur yang Anda cari.

Apa yang Akan Terjadi Secara Mekanis?

Nah, walaupun hilangnya tenaga mesin menyebabkan bantuan hidrolik untuk kemudi dan rem berhenti, tetapi ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut. Kehabisan bahan bakar tetap dapat merusak mobil Anda, dan mungkin memerlukan perbaikan yang sangat mahal. Kenapa? karena ketika Anda kehabisan bensin, itu dapat merusak sistem pengiriman bahan bakar Anda, inilah yang bisa fatal. Jika Anda mengendarai mobil modern hampir semua pasti dilengkapi dengan pompa bahan bakar listrik yang berada di tangki bensin mobil Anda. Pompa bahan bakar itu menggunakan bensin di dalam tangki untuk mendinginkan dan melumasi dirinya sendiri. 

Saat bahan bakar Anda berkurang, ada lebih sedikit bensin di tangki untuk melakukan fungsi-fungsi vital ini. Dengan hanya sedikit bensin di dalam tangki, pompa bahan bakar sangat mungkin menjadi terlalu panas dan prosesnya kan gagal. Ini yang dimaksud perbaikan yang menguras biaya, tetapi bisa lebih buruk jika selama proses penghancurannya sendiri, pompa bahan bakar melepaskan puing-puing yang masuk ke sistem bahan bakar mobil Anda.


Baca Juga, Tips dan Trik Yang Harus Semua Pengemudi Mobil Ketahui!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here