Busi merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Mungkin bagi sebagian pengendara belum mengetahui bagaimana cara memilih busi yang asli dan berkualitas agar kinerja mesin motor maksimal. Busi sendiri memiliki dua fungsi yaitu untuk membakar campuran udara atau bahan bakar dan melepas panas dari ruang pembakaran.

Harus diingat  busi tidak menciptakan panas , busi hanya dapat melepas panas . Busi bekerja sebagai penghantar panas dengan menarik energi panas yang tidak diinginkan jauh dari ruang pembakaran , dan memindahkan panas ke sistem pendingin mesin. Maka dari itu penting untuk memilih busi yang berkualitas untuk menjaga kualitas sepeda motor Anda. Berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari yamaha-motor.co.id. Yuk simak!

1. Ukuran busi

Perlu diperhatikan dalam memilih ukuran busi, terutama diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika tidak maka bisa mengakibatkan busi longgar atau overheat, karena terkena endapan karbon sehingga pengapian tidak sempurna dan bahkan bisa merusak piston.

2.  Perhatikan angka panas busi

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui hal ini. Perhatikan angka panas busi tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan anda, karena jika angka panas busi yang dipakai terlalu besar atau busi terlalu dingin, maka bisa mengakibatkan pengendapan karbon pada busi anda (carbon fouling).

Dan apabila angka yang dipakai terlalu kecil atau busi terlalu panas, maka busi akan mengalami overheat dan mengakibatkan gagal pengapian (misfire).

3. Perhatikan keaslian busi

Berikut cara mengetahui keaslian busi:

1. Perhatikan kod nomor produksi busi, jika tidak ada berarti palsu.

2. Gasket (ring) pada busi asli sangat sulit dilepas sedangkan busi palsu mudah dilepas (longgar).

3. Metal shell pada busi asli lebih mengkilap karena proses plating Cr3 sedangkan busi palsu warnanya agak buram dan mudah berkarat.

4. Ulir terminal nut pada busi asli lebih halus dan rapi daripada busi palsu.

5. Konstruksi ujung elektroda, gap dan poenyambungan pada busi asli sangat rapi, pada busi palsu tidak rapi.



Baca Juga, Tips Mengatur Posisi Tubuh Yang Benar Saat Naik Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here