Apakah mengemudi pada malam hari benar-benar beresiko? Ya, jelas. Tingkat kematian lalu lintas lebih besar di malam hari daripada di siang hari. Untuk menjaga Anda tetap aman di jalan setelah matahari terbenam, kami telah mengumpulkan daftar tips terbaik untuk mengemudi dengan aman di malam hari. Berikut tips yang sudah Otodiva.com kutip dari I Drive Safely, yaitu:

Pastikan Kaca Depan Anda Bersih

Tentu, kaca depan yang kotor itu sangat mengganggu. Debu yang mungkin tidak Anda perhatikan di siang hari juga dapat menumpuk di bagian dalam, jadi penting untuk membersihkan kaca depan Anda baik di dalam maupun di luar. Selain dapat membantu Anda melihat jalanan, kaca yang bersih dari debu dapat menghindari Anda dari flu.

Periksa Lampu Mobil Anda

Pertanyaannya adalah apakah lampu depan dan lampu belakang Anda berfungsi dengan baik? Apakah lampu tersebut ditujukan dengan benar? Bagaimana dengan lampu sein Anda? Anda ingin melihat dan terlihat tanpa menyilaukan pengemudi lain, jadi pastikan semuanya terarah dan bekerja dengan seharusnya. Dan jangan ragu untuk menyalakan lampu Anda satu jam sebelum matahari terbenam; lampu dapat membantu pengemudi lain melihat Anda datang.

Jangan Melihat Langsung Ke Cahaya

Cobalah untuk menghindari melihat langsung ke lampu lalu lintas. Ketika ada mobil datang ke arah Anda, lakukan yang terbaik untuk mengarahkan pandangan Anda ke bawah atau ke kanan, sambil fokus pada garis putih di jalan. Ini akan mencegah Anda dari dibutakan sementara oleh lampu depan mereka. Jadi, fokus ke jalanan yang sedang Anda tempuh lebih baik daripada melihat lampu mobil orang lain karena akan berbahaya nantinya.

Tingkatkan Jarak dan Kurangi Kecepatan

Ya, kita semua terburu-buru untuk pulang, tetapi mengurangi kecepatan Anda dapat mengurangi resiko kecelakaan. Gunakan lampu depan untuk membantu Anda mengukur jarak dan mengatur waktu untuk kapan berhenti. Jika Anda tidak dapat berhenti di dalam area yang diterangi, artinya Anda masih terlalu dekat.

Baca juga : Tips Keselamatan Untuk Para Wanita Yang Menyetir Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here