Apa pun musimnya, sarung tangan adalah salah satu aksesoris penting saat bepergian dengan sepeda motor. Ini bukan hanya soal kenyamanan, namun karena bepergian dengan sarung tangan yang sesuai meningkatkan keselamatan pengendara. Melindungi ekstremitas sangat penting.

Itu berarti bahwa sarung tangan adalah suatu keharusan mutlak. Jadi mana yang harus Anda pilih? Ada dua jenis sarung tangan motor di pasaran, yaitu sarung tangan dengan membran kedap air dan yang tidak. Yang pertama ideal untuk iklim yang lebih dingin, yang kedua untuk cuaca ringan atau panas. Berikut informasinya yang dikutip oleh Otodiva.com dari demonerosso.dainese.com.

Sarung Tangan Motor Ringan

Selama musim panas mengenakan sepasang sarung tangan yang ringan dan bernapas lebih baik daripada berkendara dengan tangan kosong. Selain masalah keamanan tentu saja, melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat membuat semua perbedaan. Dan jangan lupakan jenis bahaya tersembunyi lainnya, seperti serangga.

Berguna dalam suhu yang lebih tinggi baik di kota maupun dalam perjalanan yang lebih lama, sarung tangan musim panas berfungsi sebagai pelindung jalan pintas, dengan konstruksi kain berlubang untuk memastikan pertukaran udara yang lebih baik antara tangan dan luar. Untuk alasan yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara (misalnya, untuk meningkatkan cengkeraman stang), mereka memiliki sisipan kulit atau penguat karet di area yang paling rentan terhadap abrasi.

Sarung Tangan Motor Tahan Air

Solusi antara melibatkan sarung tangan yang memiliki membran tahan air meskipun tidak empuk. Ini lebih cocok untuk penggunaan di musim semi/musim gugur dan saat menangani cuaca yang berubah-ubah. Sebagian besar memiliki konstruksi kain, meskipun ada juga sarung tangan kulit yang menjawab karakteristik ini.

Sarung tangan tanpa bantalan yang lebih ramping dan tipis adalah solusi terbaik untuk berkendara di luar jalan raya atau di jalur off-road yang ringan, seperti jalan tanah, karena memungkinkan sensitivitas yang lebih besar pada setang dan kontrol.

Sarung Tangan Motor Empuk dengan Membran, untuk Kondisi Paling Ekstrim

Ini terbaik untuk di iklim dingin dan mereka yang menangani kondisi terburuk. Sebagian besar solusi di pasaran adalah sarung tangan panjang yang terbuat dari kain teknis, yang biasanya dikenakan di atas jaket, untuk mencegah udara dingin dan air dari luar masuk ke dalam lengan. Meskipun demikian, tidak ada kekurangan sarung tangan empuk dengan membran jalan pintas. Ini dirancang untuk memfasilitasi mobilitas pergelangan tangan tanpa mengorbankan kinerja pelindung itu sendiri.

Sarung tangan tidak boleh dianggap kalah penting dari helm dan jaket, misalnya. Dan ini bukan hanya soal kenyamanan, karena sarung tangan yang dapat menjaga tangan Anda tetap hangat dan kering juga memberikan keamanan aktif. Pada bulan-bulan musim dingin, tangan adalah yang pertama terkena dingin dan ini bisa menjadi berbahaya dalam situasi tertentu. Pergerakan menjadi lebih lambat, pengendara memiliki sensitivitas yang lebih rendah pada kontrol, dan tangan yang membeku cenderung mengalihkan perhatian dari pengendaraan.

Teknologi Pelindung Sarung Tangan Sepeda Motor

Perlindungan terpenting pada sarung tangan adalah pelindung buku jari, yang ada berbagai macam. Ini berkisar dari bahan komposit karbon dan titanium dari sarung tangan balap paling ekstrem hingga logam atau poliuretan dari sarung tangan touring yang dipertimbangkan di sini. Teknologi Dainese paling canggih masuk ke buku-buku jari Ergotek, dibuat dari studi yang dilakukan pada sarung tangan pengendara MotoGP™, di mana area yang paling terkena dampak telah dipetakan untuk mengembangkan perlindungan baru yang memungkinkan kebebasan bergerak yang lebih besar, tanpa mengorbankan keselamatan.

Pelindung lainnya ada di sisi luar telapak tangan, untuk membantu meluncur begitu tangan berada di tanah. Sama pentingnya adalah semua penguat dalam kulit atau bahan tahan abrasi lainnya di telapak tangan dan area lain yang mungkin bergesekan dengan pegangan tangan sepeda.

Tips Tambahan

Saat bepergian dengan sepeda motor, seringkali tidak mungkin untuk memprediksi semua kondisi cuaca yang akan Anda hadapi. Jika Anda bersiap untuk perjalanan beberapa hari ke daerah dengan suhu yang bervariasi atau cuaca yang bervariasi, ada baiknya untuk membawa dua pasang sarung tangan, satu lebih ringan dan satu lebih berat dan tahan air, untuk dikenakan tergantung pada cuaca.


Baca Juga, Tips Mengatur Posisi Tubuh Yang Benar Saat Naik Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here