Jadwal membersihkan mesin mobil Anda mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan bagi sebagian orang. Mencuci di bawah kap mesin Anda terdengar seperti lebih banyak masalah daripada memikirkan manfaatnya. Namun, ini sebenarnya lebih sederhana dan aman daripada yang Anda pikirkan. Prosedur tepercaya dengan beberapa tindakan pencegahan dasar dapat menghindari komplikasi.

Mengapa Harus Membersihkan Mesin?

Mesin merupakan komponen terpenting pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaganya dalam kondisi prima. Meskipun tersembunyi di bawah kap mesin masih sering terkena kotoran.

Selama bertahun-tahun, residu kotoran yang tersedak pasti akan menumpuk. Jika diabaikan, mesin yang buruk akan terasa seperti mati. Berikut adalah alasan utama mengapa Anda harus belajar cara membersihkan mesin :

– Mesin bersih bekerja jauh lebih baik daripada mesin yang tertutup kotoran.

– Kebocoran, kerusakan, dan masalah jauh lebih mudah dikenali.

– Sinyal positif yang sangat besar bagi pembeli & nilai jual yang lebih tinggi.

Perawatan rutin sangat penting jika mobil Anda ingin awet. Hal penting yang harus dilakukan, yakni pembersihan, servis, dan penggantian suku cadang agar membuat semuanya berjalan lancar. Jadi jangan mengabaikan pentingnya ruang mesin yang terawat baik. Berikut cara membersihkan mesin mobil dikutip oleh Otodiva.com dari thisdaylive.com. Yuk simak.

1. Atasi kotoran yang menumpuk di ruang mesin Anda. Gunakan sikat berbulu untuk menggosok permukaan. Meniup puing-puing dengan kompresor udara, blower atau vakum. Namun waspadalah terhadap kekuatan blower di dekat bagian yang disegel.

2. Oleskan engine degreaser ke blok mesin dan logam utama. Fokus pada area yang paling kotor terlebih dahulu, gunakan kuas agar benar-benar pengerjaannya. Cobalah untuk masuk ke semua celah tempat kotoran bersembunyi.

3. Jika ruang mesin Anda cukup dilapisi degreaser, Anda sekarang harus membiarkannya mengendap. Berikan waktu yang cukup agar degreaser benar-benar menembus kotoran dan melepaskan cengkeramannya. Ini mungkin membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

4. Bilas seluruh ruang mesin dengan air bersih. Kotoran harus mudah hilang dan hanyut bersama dengan degreaser.

5. Bersihkan bagian aluminium kompartemen mesin Anda dengan sikat kawat kecil. Gunakan produk kimia penetral korosi untuk bantuan. Terakhir, poles permukaan akhir dengan bantalan Scotch-Brite (hanya untuk bagian logam yang tidak dipoles).

6. Panel dan komponen plastik pertama-tama harus digosok dengan sikat berbulu plastik. Cuci permukaan dengan spons dan air sabun.

7. Pada titik ini pertimbangkan untuk mengulangi proses penghilangan minyak dan pembilasan jika diperlukan.

8. Permukaan air dapat dibersihkan dengan kain kering. Anda bisa menggunakan kompresor udara atau blower dengan hati-hati untuk membuang kelebihan air. Pastikan Anda tidak memaksa air masuk ke area sensitif.

9. Sekarang Anda dapat dengan aman melepas tindakan perlindungan dari komponen elektronik Anda. Pembersihan apa pun yang diperlukan harus dilakukan dengan kain dan pembersih non-residu seperti pembersih rem kering.

10. Biarkan mobil mengudara dan benar-benar kering semalaman. Di pagi hari, Anda akan kagum dengan mesin mobil Anda yang berkilau. Dan waktunya Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap kebocoran dan kerusakan yang terlihat.



Baca Juga, Apa Yang Terjadi Saat Mobil Anda Kehabisan Bensin? Berikut Penjelasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here