Meskipun penting untuk memeriksa oli mesin secara teratur, sangat penting juga untuk menjaga mesin sepeda motor Anda agar tetap sehat dengan menggunakan oli motor yang tepat dan dengan memeriksa apakah oli di dalam mesin masih dalam kondisi baik atau tidak. Oli mesin penting karena mereka akan membaluri dan mendinginkan bagian dalam mesin, mencegah mesin mati karena panas yang berlebihan. Tetapi, oli mesin tidak akan bertahan selamanya, dan seiring berjalannya waktu oli akan menjadi kotor dan kehilangan kimianya sehingga kurang efektif. Meskipun setiap pabrikan sepeda motor memberi tahu Anda kapan Anda harus mengganti oli, dan itu mungkin terjadi pada setiap 5.000 km hingga 15.000 km tergantung pada sepeda motornya, ada hal lain yang dapat Anda ketahui yang mungkin meminta Anda untuk mengganti oli.

Perlu diingat bahwa setiap kali Anda melakukan penggantian oli, Anda juga harus mengganti filter oli agar tidak mencemari oli baru yang akan Anda masukkan ke dalam mesin. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan sepeda motor Anda perlu ganti oli seperti dikutip Otodiva.com dari iMotorbike. Yuk simak!

1. Lihatlah apakah oli berwarna hitam dan berpasir

Pada awalnya oli yang segar berwarna bening dengan warna coklat muda, namun lama kelamaan akan menjadi hitam dan juga kental. Maka dari itu Anda perlu mengecek warna oli motor Anda. Untuk memeriksa ketebalannya, beri sedikit oli di jari Anda, dan gosok dengan jari lain. Ini harus secara halus, jika tidak halus dan Anda merasa ada pasir atau partikel berarti oli terkontaminasi dan harus diganti. Anda dapat mengecek setiap bulan agar dapat mengetahui keadaan oli Anda

2. Mesin Anda bekerja lebih keras dari biasanya

Ini adalah salah satu hal yang akan Anda ketahui karena ini adalah motor Anda, jadi hanya Anda yang mengetahuinya. Terutama ketika motor Anda berisik tidak seperti biasanya. Oli baru memberikan lapisan pelindung di antara bagian logam di mesin tetapi seiring berjalannya waktu oli itu akan kehilangan kemampuan ini.

3. Tidak ingat kapan terakhir kali Anda mengganti oli mesin Anda

Memastikan bahwa mesin Anda memiliki cukup oli di dalamnya itu tidak cukup. Dan meskipun pabrikan sepeda motor memberi tahu Anda bahwa interval servis sepeda Anda jatuh tempo pada setiap X jumlah kilometer, Anda benar-benar perlu mengubahnya setiap bulan. Jika Anda tidak ingat kapan sepeda Anda terakhir kali mengganti oli, maka itu adalah indikasi yang baik bahwa sudah waktunya untuk mengganti oli. Pastikan Anda menulis tanggal penggantian oli sehingga Anda dapat memeriksanya di kemudian hari.


Baca Juga, Tips Memilih Busi Motor Yang Berkualitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here