Banyak pengemudi yang hanya mengandalkan jarak tempuh sebagai pengukur kapan oli mereka perlu diganti, tetapi faktor lain juga ikut berperan, seperti kualitas oli, usia mobil, dan cara mobil dikendarai. Oli segar dan bersih mengoptimalkan kinerja kendaraan Anda dengan melumasi suku cadang dan menjaga mesin tetap bersih dan sehat. Namun, seiring berjalannya waktu, cairan tersebut rusak dan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Setelah ini dimulai, mobil Anda kemungkinan akan menunjukkan setidaknya satu dari tanda-tanda peringatan di bawah ini. Nah berikut beberapa tanda-tanda oli mobil perlu diganti seperti dikutip Otodiva.com dari Machinery Lubrication. Yuk simak!

1. Jarak tempuh Berlebihan

Jika Anda telah melakukan perjalanan jauh dalam beberapa waktu terakhir, pertimbangkan apakah Anda memerlukan penggantian oli lebih cepat dari jadwal normal Anda. Setiap mobil berbeda, kebanyakan oli harus diganti setiap 3.000 mil atau tiga bulan. Kendaraan baru biasanya membutuhkan penggantian oli setiap 6.000 mil atau enam bulan. 

2. Mesin Berisik 

Oli memberikan lapisan pelindung di antara bagian-bagian mesin, menghindari penyikatan logam-ke-logam dan menjaga mesin tetap tenang. Jika oli Anda tidak berfungsi dengan baik, kebisingan mesin akan meningkat. Dalam kasus yang parah, Anda bahkan mungkin mendengar suara ketukan atau gemuruh yang menandakan mesin Anda robek sedikit demi sedikit karena kurangnya pelumasan.

3. Oli Berwarna Gelap dan Kotor

Oli bersih berwarna kuning dan sedikit tembus cahaya. Saat digunakan, ia menjadi penuh dengan partikel yang dikumpulkan dari mesin dan berubah menjadi lebih gelap. Tidak akan terlihat jelas kapan hal ini mulai terjadi, jadi Anda harus waspada dan memeriksa oli mesin Anda minimal sebulan sekali. 

4. Bau Oli Di Dalam Mobil

Jika Anda mencium bau oli di dalam mobil, itu sering kali menandakan kebocoran oli. Jika Anda juga mencium bau gas atau asap knalpot, kendaraan mungkin terlalu panas. Tentu berbeda antara keduanya.

5. Asap Knalpot

Beberapa uap bening akan selalu keluar dari knalpot mobil Anda, tetapi jika ini berubah menjadi asap, saatnya untuk pemeriksaan mesin. Anda mungkin memiliki bagian mesin yang rusak atau kebocoran oli.


Baca Juga, Ini Dia Tanda Motor Kamu Perlu Ganti Oli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here