Mungkin bagi sebagian orang merasa resah dengan bensin kendaraannya yang sangat mudah habis, padahal Anda baru saja memakai kendaraanya. Bagaimana cara agar bensin kendaraan anda hemat dan tidak mudah habis? Berikut informasinya yang dikutip oleh Otodiva.com dari walesonline.co.uk. Yuk simak!

1) Hindari idling

Mesin idle masih membakar bahan bakar. Jika Anda berada dalam lalu lintas yang bergerak lambat atau berhenti, pertimbangkan untuk mengaktifkan rem tangan dan mematikan mesin Anda. Hal yang sama berlaku ketika menjemput seseorang atau menurunkan seseorang, pertimbangkan untuk mematikan mesin jika Anda berhenti untuk waktu yang lama.

Jika Anda memiliki mobil modern dengan teknologi stop-start maka manfaatkanlah. Sistem akan secara otomatis mengurangi waktu yang Anda habiskan dengan mesin idle jika digunakan dengan benar.

2) Tetap pada batas kecepatan

Mengebut dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar Anda, tapi juga berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lainnya. Tetap pada batas kecepatan dan jika tersedia gunakan cruise control untuk mempertahankan kecepatan tetap. Anda disarankan untuk mengatur cruise control Anda beberapa mil di bawah batas kecepatan sebenarnya jika odometer Anda sedikit mati.

3) Perhatikan berat beban kendaraan Anda

Semakin berat mobil Anda, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk memindahkannya. Singkirkan beban yang tidak perlu saat Anda bisa, seperti mengurangi barang bawaan saat tidak diperlukan.

4) Akselerasi dan rem dengan lancar

Akselerasi dan pengereman yang keras menggunakan banyak tenaga mesin yang pada gilirannya menggunakan lebih banyak bahan bakar. Tidak hanya lebih baik bagi lingkungan untuk mengerem dan berakselerasi dengan lancar, tetapi juga lebih baik untuk tagihan bahan bakar Anda.

Salah satu cara untuk menghindari kebutuhan akan akselerasi dan pengereman yang lebih keras adalah dengan mengantisipasi lalu lintas di depan. Jika Anda berada dalam antrean lalu lintas yang panjang atau di jalan yang Anda ketahui memiliki beberapa lampu lalu lintas dalam jarak pendek, cobalah berjalan dengan kecepatan lebih rendah daripada terus-menerus mempercepat dan berhenti mendadak. Karena itu dapat membuat kendaraan Anda terus berputar dan menghemat bahan bakar dengan menghilangkan penghentian dan start yang konstan.

5) Lakukan perjalanan gabungan

Mesin yang panas lebih efisien karena baterai Anda bekerja lebih baik dalam kondisi yang lebih hangat. Salah satu cara Anda dapat meningkatkan penghematan bahan bakar secara keseluruhan adalah dengan menggabungkan beberapa perjalanan yang lebih kecil menjadi satu perjalanan yang lebih panjang. Jadi jika Anda pergi ke tempat yang ingin dituju aturlah secara sekaligus bersamaan, karena itu dapat menghemat bahan bakar Anda.

6) Servis kendaraan Anda secara teratur

Perawatan dan servis berkala mobil Anda untuk menjaganya agar kondisnya baik dan ini dapat membantu menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Anda harus memastikan kendaraan diservis sesuai dengan pedoman pabrik dan semua pekerjaanya diselesaikan sesegera mungkin.

7) Periksa tekanan ban Anda

Satu pemeriksaan yang harus Anda lakukan lebih teratur adalah mengukur tekanan ban Anda, karena ban yang tidak dipompa ke tingkat yang benar dapat mengurangi penghematan bahan bakar Anda sebanyak 5 persen. Jika Anda sering mengemudi, Anda harus memeriksa tekanan ban sebulan sekali.


Baca Juga, Sayang Berlebihan Ga Baik, Begitu Juga Saat Memilih Bensin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here