Sebelum fokus kepada tips untuk para orang tua dalam mengajarkan anak remajanya, alangkah baiknya Anda mengetahui hal yang lebih penting terlebih dahulu, yakni adalah memiliki SIM. SIM merupakan hal pertama yang harus anak Anda punyai sebelum mengendarai kendaraan motor maupun mobil. Jika tidak punya SIM, banyak hal buruk yang memungkinkan terjadi, seperti ditilang polisi di jalanan, kurang handal dalam mengemudi karena tidak mengikuti uji tes SIM, dan lain-lain. 

Sebuah studi tahun 2016 melihat persentase orang yang memiliki SIM sebagai fungsi dari usia:

  • Pada tahun 1983, 46,2% anak usia 16 tahun memiliki SIM. Pada tahun 2014, hanya 24,5% dari anak berusia 16 tahun yang memiliki SIM—menurun 47% dari tahun 1983.
  • Pada tahun 1983, 87,3% anak berusia 19 tahun memiliki SIM. Pada tahun 2014, 69% dari anak berusia 19 tahun memiliki SIM—penurunan 21% dari tahun 1983.

Kebanyakan remaja tidak mengikuti tes untuk mendapatkan SIM karena prosesnya lama dan tes yang dijalankan akan sulit, namun nyatanya tidak sesulit itu. Mempunyai SIM dan mengikuti tesnya sebanding dengan manfaat yang akan anak remaja dapatkan dan para orang tua pun akan lebih less worry karena anaknya sudah memiliki SIM. Nah, tetapi orang tua juga berperan penting dalam hal ini, berikut beberapa tips yang sudah dikutip Otodiva.com dari Healthy Children yang nantinya dapat Anda lakukan sebagai orang tua agar anak remaja Anda dapat menjadi pengemudi yang baik. Simak yuk!

  • Berikan anak remaja Anda latihan ekstra untuk mengemudi. Sebelum tes untuk membuat SIM, cobalah untuk latihan terlebih dahulu dengan orang yang mahir atau masukkan anak Anda ke kursus mobil.
  • Anda bisa memulai dengan keterampilan dasar, kemudian memperkenalkan skenario lain seperti mengemudi di malam hari, di jalan pedesaan, di lalu lintas, di jalan bebas hambatan, saat senja, dalam cuaca hujan dan sebagainya. Sebaiknya tanyakan kepada orang yang telah mengajarkan anak Anda mengemudi seperti bidang mana yang telah anak Anda kuasai dan mana yang perlu lebih banyak pelatihan.
  • Habiskan sore hari mengajari anak Anda cara melakukan perawatan mobil rutin seperti memeriksa tekanan udara di ban, ketinggian air di aki, oli dan cairan transmisi, dan cairan wiper kaca depan. Dan juga tunjukkan padanya cara mengganti ban kempes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here