Seberapa sering Anda membersihkan mobil Anda secara menyeluruh? Kapan terakhir kali karpet dibersihkan? Sayangnya, banyak pemilik mobil mengabaikan karpet terlalu lama, yang sebenarnya karpet tersebut banyak meninggalkan noda, lumpur, dan zat lengket yang tidak kita ketahui. Karpet mobil yang kotor bisa mulai berbau tidak sedap, terutama pada cuaca yang panas. Untungnya, membersihkan tidak sesulit apa yang dibayangkan. Yang penting adalah Anda perlu pembersihan secara menyeluruh. Nah berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membersihkannya seperti yang sudah Otodiva.com kutip dari Oh So Spotless. Yuk simak!

1. Organisir Peralatan

Membersihkan sesuatu yang berantakan bisa jadi rumit, terutama jika itu adalah ruang kecil seperti mobil. Jadi mulailah dengan membuang sampah besar yang ada di karpet dan tempat gelas. Selain itu, mengeluarkan barang-barang kecil seperti koin, mainan, dan sejenisnya, itu akan mempermudah pembersihan. Cara terbaik untuk menjaga mobil Anda tetap teratur adalah dengan menggunakan car-organizer. Ada banyak model, tapi tergantung dengan ukuran yang Anda butuhkan.

2. Lepaskan Karpet

Jika Anda memiliki alas lantai di mobil Anda, lepaskan dan sisihkan. Anda dapat membersihkan karpetnya nanti. Yang paling terpenting adalah kotoran yang ada dibawah karpet, baru setelah itu Anda membersihkan karpet yang sudah dilepas tadi.

3. Vakum

Setelah merapikan mobil, gunakan penyedot debu yang kuat. Penyedot debu tanpa kabel adalah pilihan terbaik untuk membersihkan mobil. Ini akan memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk bergerak dan bisa Anda bawa kemana-mana. Jika Anda tidak memiliki vakum genggam atau nirkabel, coba parkir mobil di dekat stopkontak atau gunakan kabel ekstensi. 

4. Pilih Sampo

Pilih sampo atau pembersih karpet mobil yang bagus untuk membersihkan karpet secara efektif. Jika Anda tidak bisa mendapatkan produk komersial, deterjen juga dapat membersihkannya secara menyeluruh.

5. Bersihkan Karpet

Mulailah dengan membaca instruksi yang diberikan oleh produsen pembersih karpet. Jika itu semprotan, semprotkan area tersebut secara langsung. Namun, Harus digunakan sesuai kebutuhan — lakukan ini dalam botol semprot agar dapat diaplikasikan dengan mudah. Kemudian gunakan sikat untuk mengoleskan pembersih ke karpet. Gerakan melingkar paling baik untuk menghilangkan noda dan kotoran. Jika karpet Anda sangat kotor, Anda dapat menggunakan pembersih uap atau mesin pembersih karpet untuk membersihkannya lebih dalam. 



Baca Juga, Tips Agar Bensin Tidak Cepat Habis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here