Mengemudi mobil adalah salah satu kegiatan yang paling menarik dan bermanfaat untuk dilakukan pada orang dewasa. Menyalakan mesin dan menavigasi jalan mungkin terdengar manis dan sederhana, tetapi terkadang hal yang paling sederhana sekalipun, seperti mengemudi dapat mengakibatkan dampak yang serius.

Terkadang efeknya bisa begitu besar sehingga bisa mengakibatkan tabrakan dan juga kematian. Pengemudi mobil datang dengan banyak kesenangan, kencan romantis, waktu bersenang-senang dengan teman-teman, dan banyak lagi, tetapi pada saat yang sama, itu bisa menjadi menakutkan jika Anda tidak berperilaku sebagai pengemudi yang bertanggung jawab.

Oleh karena itu, mengemudi yang sehat dan aman adalah satu-satunya cara untuk menemukan penyelamatan terhadap kecelakaan dan tingkat keparahan. Nah, berikut beberapa tips yang harus diikuti semua orang sebelum memulai sesi mengemudi yang dikutip oleh Otodiva.com dari pvplive.net. Yuk simak!

1. Menggunakan sabuk pengaman dengan benar

Sabuk pengaman dianggap sebagai salah satu perangkat keselamatan paling efektif dan vital di dalam mobil, maka dari itu harus digunakan setiap kali Anda berkendara. Sabuk pengaman dapat mencegah cedera kecelakaan mobil, tetapi sebagian orang masih mengabaikan aspek keselamatan ini dan mengemudi tanpa ikat pinggang.

Perlu Anda ketahui bahwa sabuk pengaman bukanlah aksesori fesyen yang bisa Anda hindari atau abaikan saat Anda mengendarai mobil. Ini adalah sesuatu yang wajib yang pada dasarnya harus dipakai oleh setiap pengemudi untuk mencegah cedera dan kematian.

2. Selalu beri isyarat sebelum bertindak

Ada berbagai aturan dan sinyal yang harus Anda ketahui saat mengemudi. Di atas segalanya, menggunakannya pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat untuk menunjukkan keahlian mengemudi Anda. Anda tidak dapat mengubah jalan secara tiba-tiba dan melakukan putaran U secara acak tanpa isyarat apa pun. Pengemudi mobil di belakang Anda bisa mendapatkan serangan jantung dalam kasus seperti itu.

Biarkan pengemudi di belakang Anda mengetahui niat Anda sebelumnya daripada mengejutkan mereka secara tiba-tiba, membuat mereka kehilangan kendali atas roda mereka.

Kegagalan untuk menunjukkan niat Anda kepada orang-orang yang mengemudi di belakang Anda dapat mengakibatkan kecelakaan serius yang selanjutnya mengundang kasus. Dengan demikian, memberikan sinyal adalah langkah yang sangat penting ketika Anda berada di jalan yang ramai.

3. Jaga jarak aman

Terlepas dari betapa menariknya sebuah mobil, tetap jaga jarak aman antara kendaraan Anda dan mobil di depan Anda. Bepergian dalam jarak berdekatan bisa menjadi bencana karena Anda bisa gagal mengendalikan roda dan rem jika kendaraan di depan Anda cenderung berhenti tiba-tiba.

Jadi, jaga jarak yang cukup antara mobil Anda dan mobil yang bergerak di depan Anda sehingga Anda memiliki jarak berhenti yang aman untuk berjaga-jaga jika terjadi situasi darurat di mana Anda mungkin perlu mengerem untuk mencegah tabrakan.

4. Batasan penumpang

Mungkin Anda merasa tergoda untuk membebani mobil dan tempat duduk penumpang sebanyak yang Anda inginkan melebihi batas yang sebenarnya, tetapi sekali lagi ini bukan sesuatu yang direkomendasikan. Pastinya ada batasan tertentu untuk kendaraan yang Anda miliki.

Melebihi jumlah penumpang di dalam mobil dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Oleh karena itu jangan hanya membanjiri mobil Anda hanya karena itu milik Anda dan Anda dapat mengisinya sesuai keinginan. Patuhi sejumlah batasan dan ikuti semua panduan untuk mencegah segala jenis kecelakaan yang dapat merenggut nyawa Anda.

5. Jangan pernah terpengaruh oleh teman-temanmu

Need for speed mungkin menjadi motto Anda ketika Anda keluar dengan teman-teman Anda untuk waktu di luar ruangan. Dan, teman-teman Anda juga dapat menambah faktor sensasi dengan meminta Anda untuk mempercepat lebih jauh, bersaing dengan mobil-mobil terdekat yang lewat.

Tetapi menjadi orang bijak adalah murni masalah pilihan dalam kasus seperti itu. Seseorang harus mempelajari esensi menyangkal rekan-rekan seperti itu yang cenderung memprovokasi Anda untuk mempercepat kecepatan mobil. Mobil cepat bisa berubah menjadi sangat berbahaya.

Oleh karena itu, terlepas dari semua pernyataan yang memprovokasi dan tuntutan sensasi yang Anda dapatkan dari teman-teman Anda untuk mempercepat, Anda harus cukup waras untuk mengetahui batasan Anda.



Baca Juga, Tips Menghindari Resiko Kecelakaan saat Mengemudi Malam Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here