Anda pasti tahu bahwa skuter biasanya lebih ringan, ukurannya lebih kecil, dan memiliki mesin yang lebih kecil dan Anda mungkin berpikir bahwa skuter seharusnya lebih aman karena tidak seberat atau tidak bisa melaju secepat sepeda motor. Namun, skuter dianggap sama berbahayanya dengan sepeda motor, karena keduanya adalah transportasi roda dua dan dapat melewati lalu lintas yang padat.

Meskipun beberapa skuter tidak dapat mencerminkan kecepatan sepeda motor, itu tidak membuatnya berisiko lebih rendah daripada motor. Kecepatan tidak berkorelasi dengan risiko kecelakaan yang lebih rendah. Studi menunjukkan bahwa kematian lalu lintas terkait kecepatan lebih terjadi di 35 mph atau jalan yang lebih rendah (di mana skuter bertenaga lebih rendah) daripada di kecepatan lebih dari 55mph antar negara bagian. Baik dengan sepeda motor atau skuter, Anda akan menghadapi cuaca dan kondisi lingkungan yang sama seperti hujan, angin, dan sinar matahari yang menyilaukan. Anda cenderung mengendarai jalan yang sama yang juga diisi dengan kendaraan yang lebih besar.

Terlepas dari kesalahpahaman masyarakat akan hal ini, skuter sama berbahayanya lho dengan sepeda motor. Berikut beberapa hal yang sudah dikutip Otodiva.com dari Motorcycle Legal Foundation yang perlu Anda ketahui tentang skuter. Yuk simak!

Roda Lebih Kecil

Skuter biasanya memiliki roda yang lebih kecil daripada sepeda motor. Nah roda yang kecil ini akan kurang stabil di jalan dibandingkan dengan sepeda motor. Terutama karena roda yang lebih kecil akan memberikan efek gyroscopic yang lebih sedikit. Mereka juga akan lebih rentan bereaksi terhadap bahaya kecil di jalan, seperti lubang dan puing-puing.

Visibilitas Yang Kurang 

Skuter, yang lebih kecil atau ringan dari sepeda motor biasa akan lebih sulit dilihat, ini menempatkan Anda dalam bahaya yang lebih besar ketika Anda dikelilingi oleh lalu lintas yang padat, karena pengendara lain mungkin tidak mengenali skuter di jalan mereka.

Kurangnya Perlengkapan (Tidak Seperti Kendaraan Lain)

Skuter tidak banyak dilihat sebagai kendaraan komuter sejati, sehingga pengendara cenderung tidak mengenakan perlengkapan keselamatan yang tepat saat berkendara dibandingkan dengan pengendara sepeda motor biasa. Mereka akan memilih untuk berkendara tanpa helm. Anda mungkin pernah melihat persewaan skuter yang tersedia. Mereka biasanya tidak meminta lisensi sepeda motor. Oleh karena itu, Anda lebih berisiko tanpa alat pelindung saat mengendarai skuter daripada mengendarai sepeda motor dengan perlengkapan keselamatan.


Baca Juga, Daftar pilihan skuter matik, biar cewe bisa tampil maksimal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here