Mungkin bagi sebagian wanita pernah mengalami masalah saat dijalan seperti ban mobil yang bocor atau kempes tiba tiba. Pekerjaan ini tidak hanya laki laki yang melakukannya, tapi ternyata wanita juga bisa lho. Sebagai seorang wanita, harus bisa mandiri dalam keadaan genting seperti ini. Minimal menggantinya dengan ban cadangan, agar bisa sampai ke tempat yang lebih aman. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa tips yang dikutip oleh Otodiva.com dari otomotif.kompas.com. Yuk simak!

1. Cari tempat yang aman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tempat yang aman untuk berhenti. Seperti SPBU, kantor polisi, atau tempat dengan pencahayaan yang terang. Jangan sesekali berhenti di tempat yang gelap dan kurang pencahayaan. Hal ini bisa beresiko perampokan mobil khususnya untuk para wanita. Carilah tempat yang terang dan ramai orang sehingga Anda bisa meminta bantuan orang lain juga.

2. Kunci pintu

Untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas. Pastikan mobil Anda terkunci dengan benar. Simpan handphone dan barang berharga anda di tempat yang sulit di jangkau. Karena jika terlihat secara tergeletak, bisa mengundang pencuri untuk mengambilnya.

3. Aktifkan rem tangan

Pastikan mobil Anda dalam keadaan di rem tangan atau parking brake. Agar mobil Anda tetap aman dan mengantisipasi mundur atau majunya mobil secara tiba tiba.

4. Jangan gunakan high heels

Tidak heran jika wanita menggunakan sepatu high heels apalagi saat mereka pergi ke kantor atau acara penting. Lepaskan sepatu high heels Anda saat mengganti ban. Karena ini bisa menggangu kenyamanan Anda saat bekerja atau mungkin beresiko kaki Anda terkilir saat menggantinya.

5. Kendurkan mur roda

Mur pada roda-roda mobil Anda perlu di kendurkan, bukan di lepas ya. Kendurkan mur mobil Anda menggunakan kunci roda. Hal ini untuk membudahkan Anda nanti saat mengganti ban serep atau cadangan.

6. Dongkrak mobil

Setelah mur sudah dikendurkan, Anda bisa mendongkrak mobil Anda untuk mengganti ban serep. Hal ini mungkin memang sulit untuk sebagian wanita. Anda bisa meminta tolong pada orang sekitar untuk membantu mendongkrak mobil Anda. Karena dibutuhkan tenaga penuh saat mendongkrak mobil. Setelah itu barulah Anda bisa mengganti ban dengan ban serep atau cadangan yang ada di mobil Anda.



Baca Juga, Tips Styling Outift Kamu Saat Road Trip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here