Berkendara di hari yang berangin kencang dapat menambah tantangan ekstra untuk tetap aman dan tiba di tujuan tepat waktu. Jenis sepeda motor yang Anda kendarai dan bagaimana Anda memposisikan tubuh Anda akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengendarai motor saat cuaca sedang berangin. Berikut merupakan faktor-faktor yang sudah Otodiva.com kutip dari Motorcycle Legal Foundation yang nantinya dapat Anda terapkan saat mengendarai motor di cuaca yang menantang. Yuk simak!

Tangki dan kantong pelana dapat menambah hambatan 

Tangki dan kantong pelana (jika punya) dapat menambahkan area depan yang dapat ditembus angin. Kantong pelana menambah area ekstra dengan angin dan dapat menyebabkan hambatan ekstra saat udara bergerak di sekitar bagian sepeda motor. Ini dapat memiliki efek yang sama dengan crosswind saat menghantam Anda dari kedua sisi. Berhati-hatilah untuk menambahkan tas yang lebih besar pada cuaca seperti ini.

Waspadai penghalang angin 

Truk yang besar, bangunan, bukit, dan gunung, dan lain-lain akan melindungi Anda dari angin untuk sementara, tetapi dapat membuat terowongan angin saat Anda berkendara dari belakangnya. Berhati-hatilah karena truk dapat mendorong banyak angin di sekitarnya yang dapat menyedot Anda ke arah mereka atau mendorong Anda menjauh dan bergerak ke jalur lain. 

Pilih jalur yang aman 

Ini semua tergantung pada jalan, lalu lintas, dan kondisi cuaca yang akan Anda lewati. Di jalan dua lajur, Anda dapat memilih tengah atau kiri karena lalu lintas yang datang dapat mendorong Anda ke kanan (atau bahu jalan) saat mereka lewat. Kiri atau tengah akan memberi Anda ruang untuk bergerak ke kanan sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih untuk memiringkan ke satu sisi jalur untuk melawan, jadi tidak ada bagian yang sempurna untuk dilewati. Di bagian jalan yang memiliki banyak lajur, lalu lintas mungkin mengharuskan Anda untuk memiringkan ke satu sisi jalan. 

Periksa cuaca  

Nah, sebelum Anda pergi dalam perjalanan, sebaiknya periksa ramalan cuaca yang ada di handphone Anda. Jika dideteksi akan menjadi hari yang berangin, pilih rute yang kemungkinannya kecil akan hal ini. Jika tidak ada rute terbaik untuk menghindari angin, mungkin Anda dapat memilih untuk tidak bepergian pada hari itu karena resikonya pun besar.

Lindungi mata Anda 

Memakai pelindung mata sangatlah bagus karena di cuaca seperti ini, angin membawa puing-puing kecil seperti pasir dan batu-batuan kecil yang dapat mengganggu pandangan Anda di perjalanan dan juga ini sangat berbahaya untuk Anda jika Anda tidak memakai pelindung maga. Namun, memakai helm full-face juga dapat membantu Anda.



Baca Juga, Tips Menghindari Resiko Kecelakaan saat Mengemudi Malam Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here