Siapa pun yang mengatakan berkemah adalah liburan yang rendah perawatan, itu membuatnya sangat keliru. Anda benar-benar harus merencanakan untuk membawa semua barang yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup. Dengan berkemah menggunakan ransel, Anda bisa lebih mudah mengikat setiap kebutuhan (panci,wajan,tenda,alas tidur,botol air dan kompor portabel) menjadi satu di ransel Anda.  

Dengan menggunakan mobil untuk berkemah, ruang dan berat kurang menjadi perhatian. Namun, siapa pun yang pernah berkemas untuk perjalanan semalam, pasti tahu betul bagaimana ruang ekstra di dalam koper mengundang barang-barang tidak penting. Jadi, meskipun Anda mungkin tergoda untuk mengemas barang-barang yang tidak Anda perlukan, maka cobalah untuk dipikirkan terlebih dahulu, apakah lebih baik Anda memiliki ruang seperti setumpuk piring kertas sekali pakai atau satu piring yang dapat digunakan kembali yang harus Anda cuci. Sebagai gantinya, gunakan tips ini untuk merencanakan perjalanan berkemah di mobil yang berkelanjutan. Berikut informasinya yang dikutip oleh Otodiva.com dari tripit.com, diantaranya yaitu:

1. Hindari membawa barang sekali pakai.

Barang plastik, piring kertas,air minum kemasan ini hanya beberapa item sekali pakai yang harus dihindari saat Anda membuat daftar kemasan berkemah di mobil. Meskipun akan lebih mudah untuk tidak mencuci piring atau terus-menerus mengisi ulang botol air Anda yang dapat digunakan kembali, itu tentu saja tidak ramah lingkungan.

Sebaliknya, bawalah peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan kembali. Ini termasuk barang-barang yang telah Anda daur ulang dari rumah Anda sendiri.

Hal ini menyelamatkan Anda dari membuang sampah secara sering dan menyelamatkan Anda dari membeli yang baru ketika Anda hanya menggunakan peralatan berkemah Anda beberapa kali per-tahun.

2. Perhatikan sumber air Anda

Tergantung di mana Anda berencana untuk berkemah, Anda mungkin tidak memiliki akses ke air minum yang bersih. Jika ragu, rencanakan untuk membawa semua air yang Anda perlukan untuk memasak, mengonsumsi, dan sebagainya dalam wadah yang dapat digunakan kembali.  Dengan begitu, jika Anda berada di perkemahan yang menyediakan sumber air dan Anda kehabisan, Anda dapat dengan mudah mengisi ulang wadah di tempat untuk menghindari perjalanan ke toko dan pembelian impulsif wadah sekali pakai.

3. Tentukan destinasi 

Jika Anda berkemah di bumi perkemahan, carilah yang mempromosikan praktik ramah lingkungan, seperti memanfaatkan sumber energi hijau, seperti struktur pelindung matahari atau turbin angin untuk membantu memberi daya pada fasilitas perkemahan. Karena sifat berkemah yang jauh secara sosial, banyak perkemahan mengalami lonjakan popularitas dan pemesanan. Jadi, pastikan untuk mengamankan reservasi perkemahan Anda sebelumnya.

4. Carilah kegiatan ramah lingkungan

Saat Anda berada di hutan belantara, berbaik hatilah pada ekologi lokal dengan kegiatan yang mendukung dan mempromosikan kesejahteraan lingkungan. Bawa pulang sampah apa pun dan patuhi jalur yang ditandai untuk melindungi kehidupan tumbuhan dan hewan di daerah itu.

5. Pilihlah toko lokal

Semua aktivitas berat dan Vitamin D mungkin membuat Anda merasa lapar. Kurangi jejak karbon dari apa yang Anda makan selama perjalanan berkemah dengan berbelanja lokal.  Kunjungi pasar petani lokal untuk barang-barang yang baru ditanam dan dibuat secara lokal atau pergilah ke kebun buah-buahan untuk membeli produk musiman yang Anda pilih.

6. Buang sampah biodegradable Anda secara bertanggung jawab

Saat berkemah, Anda mungkin tergoda untuk membuang sisa makanan yang dapat terurai secara hayati, seperti inti apel atau biji buah persik, ke dalam hutan. Ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dengan begitu akan menarik hewan ke perkemahan Anda dan tanaman non-asli juga merupakan ancaman bagi ekologi lokal. Kumpulkan sisa makanan Anda untuk dibawa pulang atau paling tidak membuangnya ke tempat sampah yang tepat.

7. Pastikan mobil Anda siap untuk berpetualang

Sama seperti melakukan perjalanan darat yang berkelanjutan, ada cara untuk membatasi dampak mobil Anda terhadap lingkungan selama perjalanan berkemah Anda.

Berikut adalah beberapa tipsnya, yuk simak!

1. Siapkan kendaraan. 

Kendaraan yang dirawat dengan baik tidak hanya menghemat konsumsi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan, tetapi juga lebih aman untuk dikendarai.

2. Carpool, bila memungkinkan. 

Jika aman untuk melakukannya, carpool ke tujuan Anda bersama keluarga atau rumah tangga Anda sendiri. Semakin sedikit kendaraan yang Anda ambil, semakin baik.

3.Berkendara lambat.  

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS dan Panduan Ekonomi Bahan Bakar terbaru dari Departemen Energi, efisiensi bahan bakar kendaraan Anda berkurang tujuh persen untuk setiap lima mil per jam yang Anda kendarai di atas 60 MPH. Setelah sampai di tempat tujuan, usahakan untuk memarkir mobil di satu tempat selama perjalanan berkemah. Melakukannya membantu membatasi konsumsi bahan bakar Anda dan dampak lingkungan keseluruhan dari petualangan berkemah Anda.


Baca Juga, Tips Agar Bensin Tidak Cepat Habis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here