Banyak pengendara motor yang secara tidak sengaja memiliki kebiasaan menahan ketegangan pada lengan dan bahunya saat berkendara. Biasanya terjadi tanpa diketahui dan umumnya saat berkendara dalam situasi yang tidak nyaman seperti hujan deras secara tiba-tiba atau cuaca lainnya. Dan bahkan jika kita memaksakan pegangan diri kita sendiri dan mencoba terlalu sering untuk bersantai, kita akan menjadi kaku. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah berkelanjutan dengan otot-otot di punggung atas.

Nah, berikut merupakan cara-cara yang sudah Otodiva.com kutip dari Motoress untuk meringankan lengan dan tangan Anda, yuk simak!

1. Jangan Dipaksakan

Secara sadar lepaskan ketegangan di lengan dan bahu Anda dengan memeriksa diri sendiri dan secara harfiah menginstruksikan diri Anda untuk merilekskan bahu Anda secara teratur. Mengangkat bahu setiap 15 menit atau lebih dan mengendurkan lengan Anda benar-benar membantu menghilangkan stres ini.

2. Tekuk Siku Anda

Jika bisa, berkendaralah dengan siku ditekuk dan lengan serta bahu rileks. Ini mencegah kelelahan yang disebabkan oleh ketegangan otot. 

3. Rilekskan Pegangan Anda

Di jalan yang mulus dan bebas lalu lintas, berlatihlah untuk mengendurkan tangan Anda dan membiarkan kulit sarung tangan Anda melakukan tugasnya dan membantu mempertahankan cengkeraman. Anda akan terkejut betapa mudahnya menjaga throttle tetap menyala tanpa menggunakan death grip. Ini akan membantu mengurangi ketegangan otot dan mengurangi jumlah getaran yang ditransmisikan ke tubuh Anda.

4. Hindari Bungkuk

Untuk menghindari nyeri otot dan kelelahan, jangan membungkukkan bahu Anda. Miringkan kepala Anda setiap beberapa menit untuk mencegah otot leher yang tegang.

5. Ubah Posisi Tangan Secara Berkala

Pegang area bagian dalam kiri pegangan tangan Anda dan kemudian gerakkan tangan Anda ke ujung pegangan tangan Anda ke ujung palang. Lakukan ini di sepanjang perjalanan, nah biasanya ada cukup ruang untuk menggerakkan tangan Anda dan mengubah posisi. Tetapi selalu jaga agar tidak kehilangan kendali jika Anda melewati benturan yang tidak terduga.

6. Goyangkan Tangan

Sesekali lepaskan satu tangan dari setang dan goyangkan. Ini melemaskan bahu dan siku Anda dan mendorong aliran darah ke tangan Anda untuk mencegah mati rasa. 



Baca Juga, Tips Mengendarai Motor Saat Cuaca Berangin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here