Roda kemudi adalah kontrol utama yang digunakan pengemudi untuk mengarahkan kendaraan ke mana ia harus pergi. Memutar roda ke satu arah harus membuat ban berputar ke arah yang sama dalam jumlah yang proporsional. Ini harus menjadi properti yang konsisten dan andal dari sistem kemudi kendaraan Anda. Roda kemudi yang tidak berperilaku sebagaimana mestinya dapat menyebabkan keausan kendaraan yang dipercepat dan bahkan situasi berbahaya. Roda kemudi off-center relatif mudah untuk didiagnosis dan diperbaiki. Sebagian besar masalah disebabkan oleh roda yang tidak sejajar, dan mekanik dapat meluruskannya sesuai spesifikasi pabrikan dan kemudian memastikan roda kemudi lurus.

Jika roda kendaraan tidak sejajar, Anda mungkin mengalami beberapa gejala ketidaksejajaran yang dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com, diantaranya yaitu:

1. Kendaraan Menarik ke Satu Sisi

Jika Anda mengatur roda lurus saat mengemudi dan mobil Anda menarik ke satu sisi, satu atau lebih dari empat roda mungkin tidak sejajar. Kendaraan harus dapat melaju lurus sebentar tanpa tangan Anda di setir setelah Anda mengembalikan kemudi ke tengah. 

2. Getaran Roda Kemudi

Semakin buruk kesejajarannya, semakin Anda mungkin merasakan roda kemudi bergetar. Hal ini dapat membuat perjalanan sangat tidak nyaman. Ini juga bisa terjadi jika ban tidak seimbang atau roda tidak bulat.

3. Keausan Ban Tidak Merata

Saat melihat ban, semuanya harus dipakai dengan cara yang hampir sama. Periksa keausan tepi dalam vs luar pada setiap ban dan bandingkan ban kanan dan kiri satu sama lain. Jika ban memiliki tapak yang jauh lebih sedikit di satu sisi atau yang lain, ada ketidaksejajaran yang perlu diatasi.

Keausan ban yang tidak merata dapat merusak sistem lain di dalam mobil termasuk membuat pengendaraan tidak aman. Ban juga akan membutuhkan penggantian yang lebih sering.

4. Roda Tidak Kembali ke Pusat

Setelah belokan, roda kemudi akan kembali ke posisi tengah dengan sendirinya. Kendaraan dirancang untuk mengemudi lurus secara default. Jika Anda memaksa setir kembali ke tengah, keselarasan harus diperiksa oleh mekanik.

Cara Mengatasinya

Secara teknis ada beberapa cara untuk memusatkan roda kemudi di rumah jika ban kendaraan disejajarkan dengan benar, tetapi bukan ide yang baik untuk mencobanya. Karena itu makin sangat mudah untuk mengacaukan karena ada banyak bagian yang bergerak. Perubahan kecil pada sistem kemudi dapat memberikan hasil yang dramatis. Jika Anda mencoba memperbaiki roda kemudi dan tidak melakukannya dengan benar, konsekuensinya bisa menjadi malapetaka. Maka dari itu, lebih baik hal ini ditangani oleh mekanik yang berpengalaman.



Baca Juga, Hindari Hal Ini Agar Dapat Memperpanjang Umur Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here