Produsen ban global Hankook Tire tengah memperluas kemitraan sebagai pemasok ban resmi untuk kendaraan elektrik, seperti baru-baru ini untuk e-SUV milik Volkswagen, VW ID.4. Untuk memenuhi kualifikasi berkendara, ID.4 akan dilengkapi dengan ban Ventus S1 evo 3 ev yang dikembangkan khusus untuk kendaraan listrik.

Ban berukuran 18-21 inci dari seri tersebut dilengkapi sebagian dengan teknologi Hankook SEALGUARD® Puncture Protection. Selain itu, mobil kembaran ID.4, VW ID.4 GTX juga dilengkapi dengan ban Hankook berukuran 20 dan 21 inci, mendukung karakteristik sustainable (berkelanjutan) sebagai ID, sporty seperti GTI, dan nyaman sebagai kendaraan SUV.

Prototype kendaraan listrik dari VW sudah menggunakan ban Hankook. Kami sangat senang bisa memperluas dan mendukung portofolio sistem berkendara alternatif dengan ban untuk ID.4, bersama Volkswagen, mitra peralatan orinisal kami di tingkat global. Dengan ini, kami ingin memberikan kontribusi penting dalam mobilitas berkelanjutan (sustainable mobility).” ujar Jeongho Park, Executive Vice President and Director of OE Division.

Hambatan gulir yang dikurangi, bobot yang lebih ringan, dan kapasitas penyangga beban yang lebih tinggi merupakan karakteristik penting dari ban mobil listrik agar mampu mendukung performa baterai dan jarak tempuh kendaraan, serta menunjang bobot kendaraan mobil listrik yang cenderung lebih berat.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, teknisi Hankook menyertakan EV tire Ventus S1 evo 3 ev dengan karkas dua lapis yang dibuat khusus dari serat performa tinggi. Teknologi tersebut memberikan stabilitas yang tinggi dengan berat tara yang rendah sesuai dengan ukurannya.

Bagian penting lainnya adalah senyawa tapak (tread compound) dari Ventus S1 evo 3 ev yang memiliki cengkraman luar biasa di kondisi jalan kering maupun basah. Senyawa tersebut telah disesuaikan untuk kebutuhan perputaran yang tinggi dari kendaraan listrik, serta mampu mengoptimalkan kemampuan rolling resistance.

Bagi ban berukuran 20 inci, penyangga tambahan berbahan baja yang juga dipakai di bagian bead karena tinggi sisi dinding yang dikurangi, hal ini kemudian membantu meningkatkan kekakuan pada dinding samping ban. Selain itu, pelek yang pas pada ban juga memastikan respon langsung kemudi yang sporty.

Teknologi sealing (penyegelan) Hankook SEALGUARD® juga terdapat pada ban Hankook ukuran 19-, 20- dan 21-inci untuk VW ID.4 yang secara otomatis dapat menutup kebocoran hingga 5mm di bagian tapak ban.

Teknologi SEALGUARD menawarkan kelebihan di saat yang tidak terduga. Seperti saat ada tusukan paku, perjalanan bisa tetap dilanjutkan tanpa masalah dan pengemudi tidak perlu mengganti bannya. Dengan begitu, ban cadangan tidak perlu dibawa pada kendaraan yang menggunakan teknologi SEALGUARD.

Hal tersebut dapat memberikan ruangan yang lengang, mengurangi beban, dan menghilangkan kebutuhan mengganti roda kendaraan di pinggir jalan yang berbahaya. Selain memberikan keamanan, ban dengan teknologi SEALGUARD ini memberikan kenyamanan yang sama seperti ban biasa, seolah tak ada bedanya dengan ban yang tidak memiliki teknologi SEALGUARD.

Hankook konsisten menerapkan prinsip ramah lingkungan. Sebagai buktinya, Hankook merupakan satu-satunya perusahaan Asia yang masuk ke dalam daftar Dow Jones World Sustainability Index (DJSI World) untuk kelima kalinya dan menerima penghargaan bergengsi EcoVadis Platinum Award berkat komitmen ramah lingkungan global tahun lalu.

Tidak hanya itu, Hankook juga menjadi pemasok eksklusif dan mitra teknis untuk “ABB FIA Formula E World Series” mulai musim 2022/23 kedepannya,, di mana ban ramah lingkungan dan hemat energi Hankook akan digunakan untuk kendaraan balap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here