Sepeda motor umumnya jauh lebih mudah dicuri lho daripada mobil, terutama sepeda motor vintage atau keluaran lama. Saat berkendara melalui kota yang tidak dikenal, Anda mungkin merasa lebih baik dengan mengamankan sepeda motor Anda sehingga seseorang tidak dapat mengambilnya.

Nah, bagaimana cara mengamankan sepeda motor di tempat parkir yang cukup luas dan ramai? Cara terbaik untuk mengamankan sepeda motor di tempat parkir adalah dengan menggunakan rantai dan gembok, kunci-u di roda belakang, kunci rem cakram depan, sistem alarm, sensor jarak, dan selalu parkir di tempat yang paling aman atau area parkir yang cukup terang. Barang-barang yang relatif murah ini bisa menjadi penghalang si pencuri. Nah berikut beberapa penjelasan yang sudah Otodiva.com kutip dari Motoress.

Cara Mengamankan Motor Anda di Area Parkir

Ada banyak cara untuk mengamankan motor Anda di tempat parkir dan banyak barang pengaman yang dapat Anda gunakan untuk memastikan motor Anda aman di parkiran tersebut. Ada juga berbagai alarm dan sensor jarak yang dapat Anda gunakan untuk membantu menakut-nakuti orang yang ingin merusak atau mengambil motor Anda, ini salah satu cara yang efektif.

Dan bagi beberapa orang yang tidak beruntung yang masih saja motornya dicuri, ada alat pelacak GPS kecil dan dapat disembunyikan untuk membantu Anda mengetahui dengan tepat di mana sepeda motor itu berada. Semua perangkat ini akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengamankan motor di mana pun Anda berada.

Yang pertama dan yang paling sederhana adalah rantai dan gembok, ini akan menghalangi sebagian besar pencuri karena mereka tidak membawa pemotong baut untuk membuka rantai. Mereka lebih suka terus mencari sepeda motor yang lebih mudah untuk dicuri, dan banyak yang berasumsi bahwa jika Anda memiliki rantai, Anda mungkin juga memiliki alarm atau GPS. Untuk menggunakan rantai dan gembok tidak perlu merantai sepeda motor yang lain, cukup melilitkan rantai pada roda belakang. Itu akan menghentikan roda belakang agar tidak bisa berputar dan tidak ada yang bisa mendorong sepeda motor. Siapa pun yang ingin mengambil motor Anda harus mengambil langkah ekstra untuk memotong rantai dan gembok. Cara keren lainnya adalah kunci rem cakram. Ini adalah kunci yang terhubung ke rotor rem (cakram) pada motor Anda. Ini akan mencegah roda berputar. Ini juga nyaman karena sangat kecil dan mudah dipasang dan dilepas. Mereka juga sangat mudah disimpan saat tidak digunakan alias juga bisa dibawa kemana-mana.

Adapun cara lainnya adalah membeli sistem alarm. Alarm dapat menggunakan sensor gerak atau sensor jarak. Sensor gerak diaktifkan jika ada yang mencoba mengambil motor Anda dan sensor jarak untuk membunyikan alarm jika ada yang mendekat atau mulai menyentuh motor Anda. Melakukan hal ini akan mencegah orang lain merusak motor saat Anda tidak ada. Selain menggunakan perangkat yang berbeda untuk mengamankan sepeda motor Anda, tempat parkir juga sama pentingnya. Penting untuk selalu parkir di area yang cukup terang. Dalam kegelapan, menjadi sangat mudah bagi seseorang untuk melakukan sesuatu pada motor Anda. Parkir di tempat umum yang lebih ramai umumnya lebih baik serta ada lebih banyak orang di sekitar untuk mencegah siapa pun yang ingin membahayakan motor Anda. Nah, Anda juga perlu perhatikan bagaimana motor Anda diparkir. Berhati-hati tentang di mana Anda memarkir sepeda motor Anda adalah langkah yang sangat penting untuk menjaganya tetap aman saat Anda pergi.


Baca Juga, Tips Untuk Memulai Petualangan Sepeda Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here