Pengemudi menghadapi banyak masalah saat mengendarai mobil di musim hujan. Yang paling penting adalah mengemudi mengendarai lebih lambat dari biasanya saat hujan untuk menghindari kecelakaan. Saat musim hujan, orang sering membawa mobil mereka untuk perjalanan jauh. Pengemudi perlu mengambil banyak tindakan untuk pencegahan saat mengendarai mobil di jalan yang basah dan licin. Sebagian orang membuat kesalahan sepele saat berkendara yang dapat dengan cepat berubah menjadi masalah besar. Berikut hal-hal yang harus diingat saat mengendarai mobil di musim hujan yang sudah dikutip oleh Otodiva.com dari news.abplive.com. Yuk simak!

1. Ganti ban yang sudah aus

Karena hujan, jalanan menjadi licin dan sangat berbahaya untuk dikendarai dengan ban yang sudah aus. Dalam situasi seperti itu, Anda perlu mengganti ban mobil Anda sebelum melakukan perjalanan di musim hujan.

2. Periksa rem

Saat musim hujan, rem tidak bekerja secara efisien karena jalanan yang begitu licin. Orang tidak boleh mengemudi dengan cepat dan harus berhati-hati di setiap tikungan tajam. Periksa wiper kaca depan agar bekerja efektif dalam menghilangkan air hujan dari kaca depan kendaraan. Oleh karena itu, rem dan wiper kaca depan harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan keselamatan berkendara saat hujan.

3. Hindari ngebut

Hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi saat musim hujan. Mengebut berlebihan saat hujan meningkatkan risiko kecelakaan. Sangat disarankan untuk mengendarai mobil dengan sangat lambat. Selain itu, jangan mengerem mendadak atau memutar setir secara tiba-tiba untuk menghindari selip.

4. Jangan mengemudi jika basah kuyup

Jika Anda basah kuyup saat hujan, jangan duduk di dalam mobil. Keringkan diri Anda sebelum duduk atau letakkan kain di jok mobil. Jok mobil yang basah dapat menimbulkan bau busuk di dalam kendaraan yang nantinya sulit untuk dihilangkan.

5. Servis mobil

Sebaiknya mobil harus diservis terlebih dahulu sebelum musim hujan karena saat musim hujan mobil menghadapi masalah yang berbeda. Jika Anda tidak ingin mobil Anda mogok di tengah hujan, maka penting untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel.


Baca Juga, Tips Mengganti Ban Mobil Untuk Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here