Wanita dengan senang hati menghabiskan banyak uang untuk segala hal mulai dari rumah hingga liburan, namun hanya sepertiga dari kita yang merasa nyaman berbelanja mobil bekas atau baru sendirian, menurut penelitian dari Carshop. Banyak dari kita takut dibujuk untuk membeli sesuatu yang tidak kita inginkan sementara bagi yang lain anggapan bahwa mereka tidak tahu tentang mobil adalah hal yang paling tidak menyenangkan. Angka menunjukkan bahwa 80% keputusan pembelian, servis, dan perawatan mobil dibuat oleh wanita.

Jadi, baik berbelanja mobil bekas atau mobil baru yang mengilap, berikut adalah tips tentang cara menavigasi pembelian mobil yang dikutip oleh Otodiva.com dari goodhousekeeping.com. Yuk simak!

1. Lakukan riset 

Kurangnya kepercayaan diri adalah salah satu alasan utama mengapa wanita enggan berbelanja mobil, jadi luangkan waktu untuk meneliti pilihan dan kebutuhan Anda secara menyeluruh. Pahami fitur apa saja yang standar dan tambahan apa yang tersedia untuk disesuaikan dengan anggaran Anda.

2. Pergilah sendiri

Jika Anda membutuhkan second opinion, bawalah teman wanita tetapi jangan bawa pasangan atau saudara laki-laki. Wanita terlalu sering diabaikan begitu berada di dalam dealer jika mereka bersama pria karena tenaga penjual jauh lebih mungkin berbicara dengannya.

3. Pilih waktu yang tepat

Seperti kebanyakan gerai ritel, dealer lebih sepi pada hari kerja, jadi pilihlah pagi hari atau sore hari untuk mengunjungi karena staf penjualan tidak terlalu sibuk.

4. Fokus pada harga, bukan pembayaran

Ketika datang untuk membeli selalu menegosiasikan harga total daripada pembayaran bulanan. Seringkali pembayaran bulanan atau mingguan dapat menyembunyikan kesepakatan yang mahal. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil, yaitu biaya operasional, pertanggungan asuransi, garansi dan pertanggungan kerusakan.

5. Jangan takut untuk bernegosiasi

Jika Anda ingin memastikan Anda mendapatkan kesepakatan terbaik, luangkan waktu Anda dan jangan takut untuk menawar. Jika Anda tidak dapat memperoleh diskon, maka jangan meremehkan nilai beberapa tambahan opsional gratis.

6. Pergi dari kesepakatan yang buruk

Wanita secara teratur menceritakan tentang kisah diabaikan di dealer, dari gagal mendapatkan informasi yang mereka minta atau hanya merasa tidak nyaman bahwa mereka mendapatkan kesepakatan yang tidak baik. Jika ini adalah pengalaman Anda, pergilah.

7. Pertimbangkan untuk membeli secara online

Jika pikiran Anda berbelanja di dealer mobil masih membuat Anda ragu, ada alternatif dan pembelian mobil hanya dengan sekali klik. Sudah banyak situs online yang menawarkan mobil baru atau bekas secara online sementara beberapa produsen mobil seperti Tesla mengizinkan Anda untuk membeli mobil langsung dari situs mereka.


Baca Juga, Tips Mengemudi Mobil Untuk Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here