Banyak pengendara motor yang benar-benar takut untuk mengikuti dan merasa tidak nyaman saat berada dalam kelompok pengendara motor. Terlebih lagi jika Anda baru mengenal motor dan tidak memiliki banyak pengalaman berkendara dengan orang lain. Selain itu, dalam sebuah grup sering kali terdapat berbagai tingkat pengalaman, dan jika Anda tidak berlatih berkendara seperti orang lain atau dengan pengendara yang lebih berpengalaman, Anda akan kesulitan menyesuaikan saat mengikuti kecepatan atau kemampuan grup. Ini bisa membuat frustrasi, hal ini menyebabkan kecemasan yang tidak terdeteksi yang dapat mengganggu perjalanan dan kenyamanan pada motor Anda. Selain itu, ini bisa menjadi penghalang tambahan untuk kemampuan Anda dalam riding. Lantas, bagaimana lagi Anda akan mendapatkan pengalaman?

Berikut beberapa tips yang sudah dikutip Otodiva.com dari Motoress yang dapat Anda lakukan ketika riding bersama riders lainnya. Yuk simak!

Memilih Kelompok Yang Sesuai

Jika Anda khawatir akan tertinggal, itu berarti Anda perlu keluar dari zona nyaman dan berkendara dengan orang-orang yang mungkin lebih berpengalaman. Itu hal yang baik, karena berkendara dengan pengendara yang lebih baik, membuat Anda juga lebih baik. Lihatlah itu sebagai alat pelatihan. Anda mungkin pada awalnya merasakan pengendara yang aneh, tetapi buatlah tujuan untuk bertahan, kesampingkan penilaian diri Anda dan pergi dengan para riders lainnya sedikit lebih lama. 

Temukan Grup Lain untuk Berkendara

Selalu ada kasus bahwa mungkin grup yang Anda pilih berkendara terlalu jauh sehingga tidak sesuai keinginan Anda atau dengan kecepatan tanpa henti yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Maka dengan itu, Anda perlu mencari grup lain untuk ditunggangi, jangan sungkan untuk memilih apa yang Anda inginkan.

Tingkatkan Keterampilan Anda

Teruslah berlatih agar Anda selalu bisa menyesuaikan kecepatan pengendara lain di kelompok Anda nantinya, jadi Anda tidak perlu khawatir akan tertinggal. Mungkin Anda dapat meminta pengendara yang lebih berpengalaman untuk membagikan tipsnya dalam mengendarai motor.

Ingatlah untuk menarik garis setiap kali Anda merasa tidak aman dalam kelompok bahkan jika itu hanya Anda dan satu pengendara lain, percayalah pada insting Anda. Semakin sering Anda berkendara, semakin banyak kenalan Anda dengan pengendara lainnya – nantinya Anda dapat memilih berbagai pengalaman berkendara dengan kelompok yang Anda sukai. 


Baca Juga, Tips Untuk Memulai Petualangan Sepeda Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here