Ketika kita menjadi orang tua, kita tidak hanya harus belajar bagaimana merawat bayi, kita juga harus belajar bagaimana, kapan dan mengapa menggunakan semua jenis perlengkapan bayi yang berbeda. Ada begitu banyak yang harus dipelajari dan ketika berbicara tentang kursi mobil, ada satu aturan yang belum pernah didengar oleh banyak orang tua seperti bayi tidak boleh ditinggalkan di kursi mobil selama lebih dari satu jam pada suatu waktu, dan mereka tidak boleh tidur siang di kursi mobil. Berikut beberapa informasinya yang dikutip oleh Otodiva.com dari mother.ly.

Menurut beberapa penelitian, bayi berisiko mengalami penurunan kadar oksigen saat berada di kursi mobil, terutama saat mobil tidak bergerak atau pada saat perjalanan berlangsung untuk waktu yang lama. Meskipun bayi prematur atau bayi dengan kondisi pernapasan paling berisiko, ada alasan bagus bagi semua keluarga untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Seperti yang dikatakan ibu dua anak di Skotlandia, Kirsti Clark baru-baru ini kepada STV, dia tidak tahu bahwa bayi tidak boleh ditinggalkan di kursi mobil selama lebih dari satu jam sampai putrinya, Haper, yang berusia 3 minggu mengalami kejang-kejang. Perjalanan mobil yang berlangsung lebih lama dari yang diharapkan. Itu adalah situasi yang tidak asing bagi banyak keluarga lain seperti keluarga clark yang terjebak dalam lalu lintas dan kemudian mendiamkan anaknya di kursi mobil.

Ketika ayah Harper kemudian membawanya keluar dari kursi mobilnya, dia sepertinya tidak bisa merasa nyaman di pangkuannya. Metro melaporkan, Ayahnya mencoba menidurkannya di atas tikar bermain dan saat itulah bayinya mengalami kejang-kejang. Clarks bergegas ke rumah sakit di mana dia dirawat dan untungnya pulih. Tapi, Clark mengatakan salah satu kejutan terbesar baginya adalah bahwa pedoman ini bahkan ada.

“Saya tidak pernah sekali pun diberitahu bahwa seorang anak tidak boleh berada di kursi mobil untuk waktu yang lama,” katanya kepada STV.  “Tidak ada di buku instruksi atau panduan apa pun yang kami tau.” Inilah sebabnya mengapa beberapa rumah sakit melakukan apa yang dikenal sebagai “tantangan kursi mobil” dengan bayi prematur sebelum keluar, yang memungkinkan para profesional untuk memantau stabilitas kardiorespirasi bayi ketika mereka berada di kursi mobil mereka.

Pastikan semua penyedia layanan tahu untuk tidak pernah menggunakan kursi mobil untuk tidur siang. Sharon Evans, koordinator pencegahan cedera trauma di Rumah Sakit Anak Cook, mengatakan kepada WFAA News.

“Tidak ada apa pun tentang kursi mobil yang dirancang untuk tidur,” katanya kepada WFAA News. “Tentu saja, jika tali pengikatnya tidak kencang, anak itu bisa jatuh.”

Pakar keselamatan mengatakan orang tua harus memastikan semua orang yang merawat bayi, termasuk penyedia penitipan anak dan pengasuh bayi, memahami bahwa mereka tidak boleh ditempatkan di kursi mobil di luar kendaraan.

Lisa Smith mengatakan kepada WFAA News bahwa dia memahami risiko yang terkait dengan tidur siang di kursi mobil dan membiarkan bayi perempuannya, Mia, tidur siang di kursi mobil. Tragisnya, pada usia hampir 18 bulan, Mia dibiarkan tidur siang di kursi mobil di tempat penitipan anak berlisensi, dan kehilangan nyawanya karena asfiksia posisional, atau pernapasan terbatas. Sekarang Smith, seperti Clark, sedang dalam misi memberitahu para orang tua untuk memastikan ini tidak terjadi pada anaknya.

“Saya berjalan di sekitar kota dan melihat orang-orang menggunakan kursi mobil di kursi di restoran atau meletakkannya di lantai atau di meja,” kata Smith, menambahkan bahwa dia akan menceritakan kisah Mia kepada para orang tua ketika dia melihat bayi tidur siang di kursi mobil, memberi tahu mereka dengan ramah, “‘Saya hanya ingin Anda benar-benar berhati-hati.'”

Apa yang harus dilakukan orang tua?

Para peneliti dari American Academy of Pediatrics dan Canadian Pediatric Society sependapat dengan Smith. Waktu paling berbahaya bagi bayi untuk duduk di kursi mobil adalah saat mereka tidak benar-benar berada di dalam mobil. Jadi, meskipun mungkin tampak nyaman untuk meninggalkan bayi yang sedang tidur di kursi mobil mereka setelah perjalanan panjang atau saat Anda berada di restoran, yang terbaik adalah segera membawanya keluar.

AAP merekomendasikan bahwa saat Anda menggunakan kursi mobil sebagaimana dimaksud di dalam mobil, rencanakan “untuk berhenti mengemudi dan beri diri Anda dan anak Anda istirahat setiap dua jam”. Dalam kasus bayi di bawah satu bulan, beberapa peneliti kursi mobil merekomendasikan untuk menghindari perjalanan jauh yang tidak perlu.

 “Batasi untuk tidak lebih dari setengah jam atau lebih,” Profesor Peter Fleming, seorang peneliti kursi mobil terkenal, mengatakan kepada BBC. Jika Anda harus pergi lebih jauh dari itu, rencanakan saja perhentian istirahat untuk mengeluarkan bayi dari kursi mobil.

Semua ini datang dengan satu catatan penting: Saat bayi berada di dalam mobil yang bergerak, sabuk pengaman di kursi mobil selalu menjadi tempat yang paling aman. Sebagaimana dicatat dalam sebuah penelitian The Journal of Pediatrics, bayi yang naik di kursi mobil sesuai dengan pedoman pabrikan memiliki risiko mati lemas atau tercekik yang sangat rendah dari tali pengikat.

Jika kita menyadari risikonya, untuk beristirahat dan mengeluarkan bayi dari tempat duduknya saat mobil berhenti, itu dapat membuat berkendara dengan aman. Kursi mobil, bila digunakan dengan benar, adalah penyelamat literal yang harus kita syukuri.


Baca Juga, Ciri Ciri Ban Mobil Anda Tidak Lurus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here