Mengendarai motor yang bersih akan terasa menyenangkan karena akan ketahuan kalau motor dirawat dengan baik. Seindah memiliki motor bersih yang bagus, pipa knalpot yang kotor atau berkarat dapat merusak tampilan semuanya, belum lagi itu juga dapat memiliki beberapa efek kinerja negatif juga. Jadi bagaimana untuk mencegah karat di knalpot? Nah, berikut beberapa informasi yang sudah Otodiva.com kutip dari Motorcycle Habit, yuk simak! 

Untuk mencegah knalpot sepeda motor Anda berkarat, hal pertama yang harus Anda mulai lakukan adalah membersihkan dan mencuci motor Anda secara rutin. Anda dapat menggunakan degreaser, cat atau powder coat knalpot atau menggantinya dengan pipa yang tahan korosi. Mengapa? Karena knalpot Anda adalah bagian penting dari motor Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara detail seperti ini.

Perawatan motor adalah hal yang efektif untuk memperbaiki knalpot Anda. Lebih mudah menjaganya agar tetap bersih daripada mengabaikannya dan harus memulihkannya atau yang lebih buruk lagi, Anda perlu membeli knalpot baru.

Mari kita mulai dengan cara paling sederhana dan paling umum untuk menjaga pipa knalpot Anda bebas karat, yaitu menjaganya tetap bersih. Karena knalpot Anda sangat dekat dengan tanah, setiap berkendara akan berisiko kontaminan masuk ke knalpot dan merusaknya. Anda seharusnya sudah terbiasa mencuci motor Anda secara teratur, paling tidak Anda mencucinya seminggu sekali. Biasanya semua ini membutuhkan pembilasan cepat untuk membersihkan apa pun yang mungkin menempel pada pipa. 

Mencuci secara teratur sudah cukup untuk mencegah munculnya masalah besar. Jika Anda mencuci sepeda motor Anda setiap minggu, maka cobalah gunakan lap untuk mengelap dan membersihkan knalpot dengan degreaser mungkin sekali atau dua kali dalam sebulan. Hati-hati saat menggunakan degreaser, Anda harus selalu menggunakan sarung tangan agar tidak mengenai tangan Anda. Saat mencucinya, pastikan untuk fokus pada area yang mungkin terlewatkan. Kotoran atau aspal mudah menempel di lipatan atau sudut, ini dapat menyebabkan karat seiringnya waktu.

Cara lain untuk mencegah terbentuknya karat pada sepeda motor adalah dengan mengambil tindakan untuk mengecat atau melapisi knalpot. Ini adalah proses yang jauh lebih sulit daripada mencuci biasa. Untuk mengecat dengan benar, knalpot harus dilepas sepenuhnya dari sepeda motor. Namun secara umum, melepas knalpot sepenuhnya dapat memakan waktu, jadi bersiaplah untuk itu. Ketahuilah bahwa ini adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah pembentukan karat, terutama jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk mencucinya secara teratur.


Baca Juga, Tips Untuk Memulai Petualangan Sepeda Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here