Mengendarai sepeda motor adalah cara yang efektif untuk refreshing sesaat serta melihat-lihat beberapa pemandangan terbaik yang hanya ditemukan di luar rumah. Banyak tempat wisata dan hutan yang memiliki jalan beraspal, tetapi Anda mungkin perlu mengambil beberapa jalan pelosok untuk sampai ke tempat tersebut. Ke mana pun Anda bepergian, berkendara di jalan pegunungan dan pedesaan kemungkinan besar akan mengarahkan Anda melewati jalan bebatuan yang banyak kerikil. Ini bisa sedikit berbeda dari berkendara di jalanan, jadi ada beberapa hal yang perlu diingat agar tetap aman. Berikut tips yang sudah dikutip Otodiva.com dari Motorcycle Habit, yuk simak!

Perhatikan Jalan Yang Akan Anda Lewati

Lihatlah ke depan sejauh yang Anda bisa untuk mengantisipasi titik-titik jalan yang kasar, penghalang, atau lalu lintas yang mendekat. Kerikil dapat menyembunyikan titik-titik lunak di jalan yang membuat kemudi sulit berkendara, yang bisa mengakibatkan hilangnya kendali. Butuh waktu yang banyak untuk menghindari batu yang sedikit lebih besar dari banyaknya kerikil. Rencanakan rute Anda untuk mengantisipasi jalan berkerikil.

Cobalah Untuk Tetap Tenang 

Penting sekali untuk tetap memegang kendali, karena itu berarti Anda mempertahankan traksi. Traksi adalah gaya gesekan antara ban Anda dengan tanah. Jika Anda menjaga tubuh tetap kencang dan melakukan gerakan tiba-tiba, Anda berisiko mematahkan traksi. Kemudian jika ingin mengerem, rem lah dengan lembut dan jangan secara tiba-tiba.

Jaga Keseimbangan Badan Anda 

Dalam pengaturan berkendara jalanan, bersandar dengan motor ke belokan menekan berat badan Anda ke traksi ban. Namun, melakukan hal ini di jalan berkerikil dapat menyebabkan roda belakang terlempar menjauh dari belokan. Jadi saat melewati jalan yang bebatuan, miringkan badan menjauh dari tikungan untuk menjaga keseimbangan.

Hindari Mengebut dan Turunkan Kaki Anda Jika Perlu

Memperlambat kecepatan akan memberi Anda waktu yang ekstra untuk pengereman, akselerasi, dan berbelok. Jika jalan berkerikil berkelok-kelok, maka pastikan untuk tetap berada di sisi jalan yang dapat menyelamatkan Anda dari lalu lintas yang tidak dapat Anda lihat.

Tips ini tidak komprehensif, artinya ada banyak hal yang lebih aman daripada hanya beberapa langkah ini. Tips ini dimaksudkan untuk berjalan seiring dengan prinsip-prinsip keselamatan dasar, seperti memakai alat pelindung, berkendara dengan lampu menyala, mengikuti peraturan lalu lintas, dan sebagainya.


Baca Juga, Tips Keamanan Motor Saat Parkir Di Area Yang Luas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here