Alternator atau dinamo adalah komponen penting dari mobil modern. Ada begitu banyak sistem dan komponen kelistrikan di kendaraan baru yang perlu diberi daya. Alternator adalah komponen yang mengisi fitur listrik dengan menggunakan daya. Jika bukan karena alternator, tidak akan ada cukup daya yang tersedia untuk mengisi daya komponen listrik ini.

Banyak orang melupakan fakta penting ini dan hanya menganggap baterai mengisi semuanya. Yang benar adalah bahwa aki mobil hanya menyediakan arus listrik yang dibutuhkan motor starter untuk menghidupkan mesin. Setelah itu terjadi, alternator mengambil alih dan memasok daya ke semua sistem kelistrikan. Ini memberi daya pada hal-hal seperti lampu depan, AC, power window, radio, dan sebagainya. Lebih penting lagi, alternator menggerakkan mesin dan unit kontrol juga. Ingat, kendaraan modern memiliki komponen listrik di hampir setiap area mobil. Semua sensor dan komputer yang ada di kendaraan berjalan dengan menggunakan listrik. Ini adalah kekuatan di mana alternator berfungsi untuk semuanya.

Seperti baterai, alternator perlahan aus seiring waktu. Semakin sering Anda menggunakan kendaraan, semakin aus alternator. Umur alternator di kendaraan yang lebih baru biasanya berkisar antara 6 hingga 8 tahun bagi kebanyakan orang. Anda tidak pernah tahu kapan alternator Anda akan rusak, tetapi ada tanda-tanda peringatan yang dapat Anda waspadai. Dikutip Otodiva.com dari Oards.com, berikut beberapa gejala spesifik dari alternator yang buruk, diantaranya yaitu:

 1. Peredupan Lampu Depan

Jika Anda mengemudi di malam hari dengan lampu depan menyala dan Anda melihat lampu depan mulai redup, itu berarti alternator Anda muali rusak. Alternator adalah sumber daya utama lampu depan, jadi jangan mengira baterai Anda yang rusak. Anda harus segera berhenti mengemudi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kemudian bawa kendaraan Anda ke bengkel mobil dan minta mereka mengganti alternator.

 2. Mobil Tidak Mau Menyala

Ketika alternator rusak, semua komponen listrik kendaraan akan menarik daya dari aki mobil. Bahkan jika aki mobil Anda baru, kendaraan Anda tidak akan berhasil jika aki adalah satu-satunya yang memberi daya pada komponen listriknya. Semua daya akan terkuras dari baterai ketika ada alternator yang buruk. Akibatnya, baterai tidak akan mampu memberikan arus listrik ke motor starter saat Anda mencoba menghidupkan mesin. Itu berarti mobil Anda tidak akan bisa hidup.

 3. Lampu Peringatan

Lampu peringatan akan menyala di dasbor Anda. Anda akan melihat huruf “ALT” menyala untuk menunjukkan bahwa alternator adalah masalahnya. Meskipun, beberapa kendaraan memiliki huruf “GEN” sebagai gantinya. Anda pasti akan melihat lampu peringatan baterai menyala karena efek alternator di atasnya.

 4. Komponen Listrik Berhenti Bekerja

Karena alternator memberikan daya ke komponen listrik kendaraan, Anda mungkin memperhatikan bahwa komponen ini tidak bekerja dengan baik. Misalnya, jika AC gagal mengeluarkan udara atau radio tidak menyala, ini akan menjadi indikator alternator yang buruk.

 5.  Adanya Suara Aneh
Alternator memiliki banyak komponen berputar di dalamnya, komponen-komponen itu menghasilkan arus listrik yang diperlukan untuk memberi daya pada semua komponen listrik di kendaraan. Saat alternator rusak, beberapa bagiannya yang berputar mungkin rusak atau aus. Ini akan menyebabkan mereka membuat suara-suara yang terdengar agak aneh.


Baca Juga, Tips Rahasia Membeli Mobil Untuk Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here