Jika Anda telah merencanakan perjalanan darat dengan sepeda motor selama berminggu-minggu, tetapi ketika Anda membuka pintu garasi, Anda melihat ban sepeda motor Anda bermasalah dan harus cepat diganti.

Nah, untuk pengendara yang berpengalaman pasti sudah tahu cara mengganti ban sepeda motor, ini mungkin solusi sederhana. Jika Anda tidak yakin, ada baiknya mempelajari apa yang harus dilakukan untuk mengganti ban motor.

Dikutip otodiva.com dari nationwide.com, berikut langkah-langkah untuk mengganti ban sepeda motor. Yuk simak!  

Langkah 1: Lepaskan roda

Angkat ujung sepeda untuk mengangkat roda dari tanah. Gunakan soket untuk melonggarkan dan melepas poros. Lepaskan rantai dan lepaskan kaliper rem. Kembalikan gandar Anda ke tempatnya untuk menahan posisi kaliper.

Sebaiknya baca terlebih dahulu manual untuk mempelajari langkah apa pun yang harus diambil untuk merek dan model motor Anda.

Langkah 2: Kempiskan ban

Untuk mengempiskan ban, buka tutup katup dan lepaskan inti batang katup dengan alat khusus. Beberapa batang katup dilengkapi dengan tutup bawaan alih-alih bagian yang terpisah.

Ketika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengganti ban sepeda motor, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda membutuhkan alat untuk ganti ban sepeda motor. Namun, Anda tidak ingin merusak batang katup Anda dengan mencoba melepasnya dengan sesuatu yang ada dari garasi. Jika Anda belum memilikinya, jeda proyek dan pergilah ke toko pasokan mobil lokal untuk mendapatkan penghapus inti katup.

Langkah 3: Pecahkan maniknya

Manik-manik adalah tepi bagian dalam ban yang bertemu dengan pelek. Di toko suku cadang mobil, Anda juga dapat membeli alat pemecah manik untuk mempermudah pekerjaan. Cobalah untuk menemukan satu alat, yang akan Anda gunakan untuk melepaskan ban dari pelek.

Masukkan pahat di antara ban dan pelek roda dan gerakkan pahat di sekitar bead. Balikkan ban dan ulangi proses ini di sisi lain. Anda dapat menggunakan pelumas silikon semprot atau pembersih kaca untuk mencegah manik-manik menempel kembali saat Anda memindahkan alat.

Langkah 4: Congkel manik ke atas dan tepinya

Masukkan sendok ban dengan hati-hati di bawah bead dan tekan ke bawah untuk menarik ban ke atas. Tinggalkan sendok ban di tempat Anda menarik ban untuk menahan di tempatnya.

Gunakan sendok ban kedua untuk melepaskan ban dari pelek, sisihkan beberapa inci dari sendok ban pertama. Biarkan sendok kedua di tempat awal.  Ambil sendok pertama dan pindahkan beberapa inci. Ulangi ini sampai seluruh ban terlepas dari pelek. Kemudian balikkan roda dan ulangi proses di sisi lain.

Langkah alternatif: Jika ban Anda memiliki tabung, Anda harus melepas batang katup dari pelek dan melepaskan tabung yang lama.

Langkah 5: Bersihkan bagian dalam pelek dan ban baru

Bersihkan bagian dalam pelek dan bagian dalam ban baru untuk memastikan tidak ada kotoran. Lapisi tepi ban baru dengan bead lube. Pembersih tangan atau sabun tangan juga bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Langkah 6: Pasang ban baru

Gunakan sendok ban untuk mengganjal seluruh ban dengan hati-hati di bawah pelek pada satu sisi. Balikkan roda dan ulangi proses ini pada sisi lainnya.

Langkah 7: Pasang kembali inti batang katup dan pompa ban

Isi ban sampai benar-benar duduk di sepanjang pelek. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara. Anda mungkin harus memompa ban melewati angka tekanan berkendara yang disarankan.

Langkah 8: Pasang kembali roda ke sepeda motor

Ikuti instruksi manual pengguna Anda untuk memasang kembali roda. Periksa kembali tekanan udara dan sesuaikan keselarasan roda belakang. Pastikan semua pengencang sudah kencang sebelum Anda keluar.

Memiliki sepeda motor menawarkan kesempatan rekreasi yang luar biasa, tetapi juga disertai dengan tanggung jawab. Dari mengasuransikan sepeda motor Anda hingga merawatnya, ingatlah sisihkan waktu untuk merawat motor Anda dengan benar dan pelajari tips keselamatan berkendara pada sepeda motor. Sebelum Anda memulai petualangan berikutnya, bicarakan dengan agen asuransi untuk memastikan sepeda motor Anda memiliki tingkat pertanggungan asuransi yang Anda butuhkan.


Baca Juga, Cara Menghindari Kesalahan Mengemudi Yang Sering Para Mamski Lakukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here