Hampir setiap kendaraan baru yang dibuat mempunyai power window. Ini pada dasarnya adalah jendela listrik yang membutuhkan daya listrik agar berfungsi dengan baik. Sangat nyaman mengoperasikan power window karena Anda hanya perlu menekan tombol yang berada di sisi pintu mobil untuk membuka dan menutupnya. Anda tidak perlu repot memutar gagang engkol dengan tangan Anda. Ini hanyalah salah satu contoh bagaimana teknologi telah membuat hidup jauh lebih nyaman bagi pengemudi. Namun, ada satu kelemahan memiliki power windows. Jika pernah terjadi masalah listrik di kendaraan, Anda tidak akan bisa membuka dan menutup jendela sampai masalah teratasi.

Ini tidak akan pernah terjadi dengan sistem jendela engkol karena menggunakan tenaga manusia manual untuk membuka dan menutupnya. Tapi tetap saja, itu bukan masalah besar karena tidak akan mengganggu kemampuan mengemudi Anda. Namun, Anda harus tetap membawa kendaraan ke mekanik atau dealer setempat dan meminta mereka mengembalikan fungsi power window. 

Ada beberapa alasan mengapa jendela mobil Anda mungkin berhenti bekerja. Dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com, berikut lima penyebab paling umum yang harus Anda waspadai. Yuk simak!

 1. Regulator Jendela Buruk

Mekanisme yang memungkinkan power window bergerak naik turun yang disebut pengatur jendela. Setiap pintu mobil dengan power window memiliki pengatur jendela untuk menggerakkannya. Jika regulator rusak, maka menekan tombol atas atau bawah tidak akan membuat jendela bergerak. Maka dari itu, Anda harus mengganti pengatur jendelanya.

 2. Motor Window Buruk

Setiap power window membutuhkan motor window untuk mensuplai energi listrik. Ada roda gigi di ujung motor power window yang terhubung dengan pengatur jendela. Ketika Anda menekan tombol atas atau bawah di pintu Anda, itu akan mengaktifkan motor window yang kemudian memungkinkan pengatur jendela untuk menggerakkan jendela. Jika Anda memiliki motor window yang buruk, maka kekuatan untuk memindahkan jendela tidak akan ada.

 3. Ada Salju atau Es

Jika Anda tinggal di wilayah dingin dengan banyak kondisi bersalju dan es, ini dapat mengganggu fungsi power windows Anda. Pasalnya, kaca jendela akan menempel pada bingkainya. Regulator tidak selalu cukup kuat untuk memaksa jendela menjauh dari bingkainya jika dibekukan bersama. Bahkan jika itu bisa dilakukan, regulator akan jauh lebih cepat aus.

 4. Sakelar Jendela Berdaya Buruk

Sakelar di sisi pintu Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik. Setiap kali Anda menekan bagian atas atau bawah sakelar, sakelar itu akan aus sedikit lagi. Jika Anda menekannya terlalu agresif atau menggunakannya secara teratur, mungkin ada saatnya sakelar berhenti bekerja dengan benar. Ini sebenarnya akan menjadi skenario terbaik setiap kali power windows Anda tidak bergerak. Sangat murah untuk mengganti sakelar jendela daya dibandingkan dengan memperbaiki masalah lain yang mungkin terjadi.

 5. Masalah Pengkabelan

Ada serangkaian kabel yang menghubungkan sakelar jendela ke motor jendela. Meskipun jarang terjadi masalah pengkabelan di pintu, hal itu masih mungkin terjadi. Misalnya, jika komponen lain di sistem power window Anda baru saja diperbaiki, mekanik mungkin secara tidak sengaja merusak atau memotong salah satu kabel. Ini akan mengharuskan Anda untuk melakukan perjalanan lain kembali ke mekanik untuk meminta mereka memperbaikinya.


Baca Juga, Ciri Ciri Ban Mobil Anda Tidak Lurus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here