Siapa yang tahu kalau kita akan mengalami hari yang buruk, mungkin kita lupa sarapan sebelum bekerja, lupa membawa sesuatu, atau bahkan mobil kita rusak diperjalanan. Mobil yang rusak pun akan membuat Anda panik sehingga akhirnya Anda mencoba mengotak-ngatik dan itu akan membuat mobil Anda tambah buruk keadaannya. Nah untuk mengantisipasinya, penting untuk menjaga diri Anda tetap aman ketika Anda mengalami suatu hal buruk untuk mencegahnya menjadi insiden yang lebih buruk lagi. 

Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan pengemudi, terutama remaja setelah kecelakaan agar tetap aman, seperti dikutip Otodiva.com dari A Girls Guide to Cars. Yuk simak!

1. Keluarlah dari Jalan

Anda dapat menepi sebentar saat jalan kosong atau tidak ada kendaraan di sebelah kiri Anda, namun jika ramai, pasanglah tanda terlebih dulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika mobil Anda mogok di jalur tengah jalan raya atau jalan bebas hambatan, tetaplah di dalam mobil dalam waktu yang lebih singkat, karena itu benar-benar membuat aman dari pada menyeberang jalan bebas hambatan.

2. Panggil bantuan

Mintalah bantuan ke orang sekitar atau langsung hubungi kerabat atau keluarga Anda. Tetap di mobil Anda sambil menunggu bantuan datang, atau jika membutuhkan waktu yang lama untuk bantuan datang, Anda dapat mencari tempat servis terdekat dan menghubunginya.

3. Peringatkan orang lain dengan lampu dan sinyal

Jangan lupa untuk selalu menyalakan sen hati-hati, atau lampu yang biasa nyala di kiri dan kanan.

Terakhir, sebagai orang tua, kita bisa memberi contoh. Jangan mengebut atau mengkritik pengemudi lain, tunjukkan kepada anak-anak Anda kekuatan dan pentingnya mengemudi yang aman, dengan itu mereka akan menangkap isyarat Anda. Anjurkan untuk tidak menggunakan ponsel saat mengemudi. Dan ketika anak remaja Anda akhirnya memiliki izin mengemudi, izinkan hanya satu penumpang dalam satu waktu. Juga, sarankan anak remaja Anda untuk menunggu sampai mereka satu tahun lebih tua dari waktu mereka mendapatkan SIM.

Baca Juga, Tips Untuk Para Riders Yang Suka Riding Berkelompok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here