Ada beberapa penyebab roda kemudi sulit untuk diputar terutama pada kecepatan rendah. Beberapa penyebab paling umum akan dibahas di bawah ini untuk membantu Anda mengetahui akar masalahnya. Berikut informasi yang sudah dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com, diantaranya yaitu:

 1. Sabuk Rusak

Salah satu alasan paling umum dari roda kemudi yang membutuhkan lebih banyak upaya untuk berbelok pada kecepatan rendah adalah sabuk aksesori yang rusak atau rusaknya sabuk serpentine yang aus seiring waktu. Itu menjadi longgar dan saat itulah roda kemudi mulai sedikit lebih sulit untuk diputar.

Jika dibiarkan rusak, akhirnya belt akan putus dan kemudi akan semakin sulit. Sangat penting untuk mengganti sabuk serpentine sebelum putus. Ketika sabuk mulai aus dan mulai kendur, sabuk harus segera diganti, jika tidak, Anda akan berisiko tanpa power steering pada saat yang paling buruk.

 2. Cairan Kemudi Berdaya Rendah

Sistem power steering membutuhkan oli agar dapat bekerja dengan lancar. Tujuan dari cairan power steering adalah untuk menjaga seluruh sistem yang akan bekerja dengan mulus tanpa hambatan dengan melumasi sistem power steering. Seiring waktu, cairan menjadi terkontaminasi dan perlu diganti. Jika Anda sudah lama tidak mengganti oli, power steering Anda akan terasa sangat berat pada kecepatan rendah. Lihat manual mobil Anda untuk melihat interval penggantian cairan power steering yang direkomendasikan pabrikan.

Mungkin ada kalanya level cairan power steering menjadi rendah. Hal ini membuat putaran roda kemudi Anda lebih sulit dan dianggap sebagai salah satu penyebab utama. Bahkan, begitu Anda merasakan kemudi menegang pada kecepatan rendah, periksa level cairan power steering. Jika rendah, isi dengan cairan yang benar. Hal itu sering kali cukup untuk memperbaiki masalah.

Tapi topping off cairan tidak akan memecahkan kebocoran cairan power steering. Jika level cairan turun lagi, itu berarti ada kebocoran di suatu tempat. Anda harus menemukannya dan memperbaikinya. Periksa selang yang longgar atau retak sebagai titik awal.

 3. Kegagalan Pompa

Sistem power steering memiliki pompa yang bertanggung jawab menghasilkan tekanan untuk memungkinkan putaran roda kemudi yang mulus dan mudah. Pompa power steering yang rusak akan membuat jauh lebih sulit untuk memutar setir. Biasanya, pompa power steering tidak gagal total, melainkan gagal sebelum waktunya, sehingga pompa yang gagal pun tidak akan membuat macet kemudi. Idenya adalah untuk memeriksa pompa dan memperbaiki atau menggantinya jika gagal.

Jika Anda memiliki roda kemudi yang sulit untuk diputar pada kecepatan rendah, Anda harus memperbaikinya sesegera mungkin karena mengendarai mobil Anda dengan itu dapat mengakibatkan masalah serius di jalan.

 4. Sudut Kastor Terlalu Curam

Caster adalah semacam “camber dinamis”.  Artinya, semakin Anda memutar roda kemudi, semakin banyak camber yang Anda dapatkan di roda depan. Semakin besar camber Anda di belokan, semakin banyak roda ingin memaksa diri kembali ke tengah dan mengemudi dalam garis lurus. Jika Anda memiliki rak kemudi manual, Anda akan melihat upaya kemudi meningkat pesat saat Anda memutar kemudi, terutama pada putaran G tinggi di trek balap. Jika Anda memiliki rak kemudi manual atau tanpa daya, coba kurangi sudut kastor Anda dan lihat apakah itu membantu upaya kemudi Anda. Namun Anda memerlukan penyelarasan, kemungkinan dari seseorang yang profesional.

 5. Masalah Rak Kemudi

Jika Anda memiliki kendaraan dengan jarak tempuh yang tinggi, rak kemudi Anda mungkin memerlukan penyesuaian atau penggantian hanya karena keausan dan penggunaan normal. Rak kemudi terdiri dari beberapa komponen internal. Jika komponen ini aus atau tidak dapat disetel, mereka dapat membuat roda kemudi jauh lebih sulit untuk diputar.


Baca Juga, 4 Keuntungan Mengikuti Kursus Mengemudi Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here