Pendingin udara mobil Anda bekerja jauh lebih baik pada saat Anda mengemudi karena semakin cepat putaran mesin, semakin cepat kompresor AC bekerja. Dengan begitu, bisa memungkinkan sistem pendinginan lebih efektif. Jangan buang waktu dan bensin dengan membiarkan mobil Anda menyala sebelum Anda pergi.

Saat Anda mulai mengemudi, nyalakan AC dan buka semua jendela selama 10 hingga 20 detik. Bahkan pada hari-hari terpanas, udara di dalam mobil akan jauh lebih panas daripada udara di luar. Anda mungkin berpikir dengan begitu akan membuang-buang pendinginan dari AC. Tetapi AC akan membutuhkan waktu lama untuk mulai mendingin, jadi dengan cara itu Anda sebenarnya membantunya mendinginkan interior.

Sistem pendingin udara mobil Anda akan beraksi untuk mencegah efek dari musim panas yang menyengat. Membuka jendela mungkin menghemat sedikit bensin, tetapi untuk kenyamanan, pastinya Anda ingin menyalakan AC agar udara di dalam mobil lebih sejuk. Siapa pun dapat dengan mudah memilih pengaturan suhu. Tetapi ada cara untuk benar-benar menguasai hawa dingin.

Dikutip Otodiva.com dari consumerreports.org, berikut beberapa tips praktis untuk membantu Anda mendinginkan mobil lebih cepat. Yuk simak!

1. Turunkan suhu AC

Menyetel ke suhu terendah bisa membuat AC mobil lebih efisien, lebih sedikit mengeringkan udara, dan benar-benar dapat menghemat bahan bakar. Mengapa demikian? Dalam sistem AC yang khas, udara didinginkan hingga 38 derajat. Jika Anda menyetel suhu lebih tinggi, Anda sebenarnya memaksa sistem untuk memanaskan kembali udara yang didinginkan, dan lebih banyak bahan bakar yang dikeluarkan.

2. Jangan menyalakan Resirkulasi

Jika Anda memiliki penumpang di kursi belakang, pertimbangkan untuk mematikan mode resirkulasi. Ini mengambil udara dari bagian depan kabin dan menariknya kembali melalui sistem, jadi meskipun semua orang di depan tetap dingin, udara di belakang bisa menjadi pengap dan panas.

3. Matikan Berhenti/Mulai

Jika Anda memiliki mobil baru yang memiliki sistem mulai/berhenti otomatis, pertimbangkan untuk mematikannya. Fitur ini menghemat bahan bakar, tetapi untuk banyaknya mobil dapat membuat kompresor AC mobil tidak bekerja saat mesin dimatikan. Dalam cuaca yang sangat panas, Anda dapat mulai menyadari kurangnya udara sejuk dengan sangat cepat, terutama jika Anda terjebak di lampu lalu lintas yang panjang atau lalu lintas yang macet dan hampir tidak bergerak.

4. Pastikan Filter Anda Bersih

Jika Anda memiliki sedikit waktu, periksa filter udara kabin Anda untuk memastikannya bersih. Filter kotor mencegah aliran udara yang optimal. Di mobil yang lebih baru, filter ini relatif mudah diperiksa; jika Anda melihat banyak kotoran menumpuk di atasnya, saatnya untuk mengubahnya. Anda dapat menghemat uang jika Anda dapat mengganti filter sendiri. Di banyak mobil modern, filter dapat diakses di belakang kompartemen dengan sarung tangan.

Tips Bonus: Kontrol Iklim Otomatis

Jika Anda memiliki pengatur suhu otomatis, menurunkan suhu tidak membuat mobil menjadi lebih cepat dingin. Sebagian besar sistem akan melakukan semua penyesuaian kipas dan suhu secara otomatis, jadi Anda dapat mengaturnya.


Baca Juga, Tips Menghindari Kepanikan Saat Mobil Mundur Dijalan Menanjak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here