Di era pandemi seperti saat ini, kita perlu menjaga kesehatan juga kebersihan. Dengan itu, kita memerlukan barang wajib yang dibutuhkan pada saat pandemi dan harus kita persiapkan di mobil. Nah, berikut beberapa barang umum yang perlu ada di mobil anda, diantaranya yaitu:

1. Masker

Masker memang sudah menjadi sebuah kebutuhan yang paling wajib untuk dibawa pada saat pandemi seperti ini. Untuk itu, MMKSI merekomendasikan untuk membawa masker ekstra di dalam mobil jika ada yang lupa memakainya atau membawanya. Jangan lupa juga, jika masker telah digunakan berkali-kali, itu perlu dibuang dan harus diganti yang baru, ya.

2. Hand sanitizer

Hand sanitizer merupakan barang alternatif untuk kita mencuci tangan sebelum dan sesudah berinteraksi langsung dengan seseorang. Hand sanitizer juga bukan pengganti cuci tangan pakai sabun, tetapi solusi sementara saat susah mencari wastafel.

3. Air minum

Diklaim oleh para peneliti bahwa manusia dapat bertahan dari kelaparan daripada kehausan dan dehidrasi.Apalagi di zaman pandemi seperti ini, memiliki sebotol air akan membuat anda tetap sehat saat mengemudi. Bersamaan dengan itu, anda juga “wajib” untuk rutin mengonsumsi air minum dalam jumlah yang dibutuhkan.

4. Makanan ringan

Disaat bepergian di zaman pandemi seperti ini, orang harus menyiapkan makanan ringan di dalam mobil agar kesehatan anda tetap terjaga. Jika anda sedang terjebak macet dan mungkin merasa lapar. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dengan lalu lintas yang luar biasa padat. Sangat disarankan untuk menyiapkan makanan ringan atau snack yang disimpan dalam toples plastik. Tentunya anda harus memilih makanan ringan yang sehat.

5. Tissue basah

Tissue basah mengandung alkohol yang berfungsi untuk mengurangi bakteri dan mencegah penularan virus. Ini karena bahan aktifnya tetap ada di permukaan setelah mengering. Gunakan tissue basah untuk area setir dan gagang pintu mobil sebelum dan sesudah mengemudi.

6. Disinfektan spray

Disinfektan spray ini dapat digunakan di dalam mobil untuk bebas dari penyakit dan virus. Ini mencakup area yang luas, sehingga mudah untuk membersihkan bagian-bagian seperti kursi, dasbor, dan pegangan.

7. Kantong belanja

Sekarang ini, dengan adanya larangan penggunaan kantong plastik Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 142 oleh Gubernur Jakarta pada tahun 2019, tas belanja sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan untuk mobil. Ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk berbelanja dan mengurangi sampah plastik Anda.

8. Alat makan pribadi

Di masa pandemi seperti ini, anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan peralatan makan pribadi, jadi siapkan peralatan makan seperti sendok,garpu,sumpit, dan sedotan. MMKSI merekomendasikan untuk menghindari makan di luar dan membawa makanan dari rumah untuk meminimalkan risiko penularan covid19.

9. Baju ganti

Mengganti pakaian sangat penting bagi orang-orang yang sering berpindah tempat saat bekerja. Alasannya karena virus bisa menempel di pakaian anda, jadi sebaiknya bawa pakaian ekstra di mobil anda.

Itulah beberapa barang yang wajib anda persiapkan didalam mobil pribadi anda. Semoga bermaanfat, ya!


Baca Juga, 8 Hal Penting Yang Harus Diketahui Tentang Car Seat Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here