Memeriksa dan mengisi oli mobil Anda adalah salah satu bagian penting dari perawatan mobil dan harus dilakukan secara teratur. Oli adalah sumber kehidupan mesin dan Anda harus sebisa mungkin untuk menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik, jadi sangat penting untuk memastikan oli dalam kondisi baik. Jika oli Anda dibiarkan terdegradasi dan habis, sejumlah masalah serius dapat terjadi, banyak di antaranya yang pada akhirnya dapat merusak mesin Anda. Untungnya, pengecekan dan pengisian oli bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Nah, berikut beberapa cara untuk mengecek dan mengisi ulang oli mesin mobil Anda, seperti dikutip Otodiva.com dari Auto Express. Yuk simak!

Langkah Pertama

Parkir mobil Anda di tempat yang datar dan rata, dan tunggu hingga mesin menjadi dingin. Ini sangat penting karena ini berguna untuk memastikan level oli di mesin Anda, karena oli mesin sangat beragam levelnya. Kenapa kita harus menunggu mesin dingin? ini juga berguna untuk melindungi dari pemuaian karena panas. Perhatikan setiap detail dan setiap aturan-aturan yang ada, jika tidak, Anda akan kebingungan untuk menghadapi masalah mesin yang akan datang.

Langkah Kedua

Buka kap mesin dan pastikan Anda memiliki handuk dapur atau kain di tangan. Temukan dipstick mobil yang berbentuk batang logam panjang dan tipis, yang biasanya memiliki pegangan plastik kuning atau oranye. Ini biasanya mudah diakses tetapi akan terpisah dari tutup pengisi oli. Lepaskan dipstick dengan hati-hati, agar oli tidak mengenai mesin dan komponen lainnya. Lalu bersihkan, masukkan kembali, lalu tarik lagi. Dipstick memiliki tanda minimum dan maksimum di ujungnya, desain tanda ini dapat bervariasi antar mobil tetapi harus selalu jelas untuk dibaca/diketahui. Mesin yang sehat harus meninggalkan bekas oli di antara keduanya. Pada titik ini, Anda harus periksa warna oli karena harus berwarna terang dan keemasan. Jika gelap atau hitam, maka itu semakin tua dan Anda harus mempertimbangkan untuk mengubahnya. Setelah Anda selesai memeriksa oli, Anda harus memasukkan kembali dipstick dengan kuat ke dalam mesin.


Baca Juga, Cara Menghilangkan Noda Oli Pada Pakaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here