Jika Anda ingin mengisi ulang oli mesin mobil, ternyata Anda bisa melakukanya sendiri dirumah. Jika memang sudah waktunya Anda mengisi ulang oli mesin, lakukanlah secara hati-hati. Oli mesin mobil harus secara teratur diisi karena oli tidak bertahan selama yang Anda pikirkan. Mengisi ulang oli mobil Anda juga sama pentingnya dengan yang lain, jika tidak diisi ulang, maka akan mengalami masalah yang serius nantinya dan itu akan berpengaruh pada mesin mobil Anda juga. Nah, berikut merupakan rangkuman yang sudah Otodiva.com kutip dari Auto Express tentang cara mengisi ulang mesin oli mobil. Yuk simak!

Jika Anda perlu menambah oli Anda, ingatlah bahwa sangat penting untuk menggunakan oli yang tepat untuk mesin mobil Anda. Periksa buku panduan mobil untuk melihat oli mana yang direkomendasikan pabrik untuk mobil. Mengisi oli sangat sederahana pada umumnya. Sekali lagi untuk memastikan bahwa mesin sudah dingin, buka tutup oli, yang biasanya terletak di bagian atas mesin. Jika Anda tidak yakin tentang langkah ini, hubungi dealer setempat Anda atau periksa buku panduan. Anda harus benar-benar memastikan apakah mesin Anda sudah dingin atau belum, karena ini akan sangat penting saat ingin mengisi ulang oli mesin mobil Anda.

Hal pertama, Anda perlu menggunakan corong karena ini akan memudahkan Anda. Tuangkan sedikit oli ke dalam mesin mobil Anda, beri waktu sebentar untuk mengendap, lalu periksa level oli dengan dipstick. Jika Anda masih perlu menambahkan lebih banyak, cukup ulangi prosesnya, dan ingat untuk menambahkan jumlah kecil setiap kali. Hindari mengisi mesin dengan oli secara berlebihan, karena dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan nantinya. 

Jika Anda merasa mengalami masalah, jalan yang terbaik adalah mendapatkan pendapat ahli dari dealer atau bengkel setempat. Pemeliharaan yang buruk dapat menyebabkan perbaikan yang mahal di masa depan, jadi jika Anda mempunyai masalah, hindari untuk mencoba mengatasinya sendiri karena Anda bukan ahlinya atau jika masalahnya sepele, mungkin Anda dapat konsultasi terlebih dahulu dengan menghubungi dealer melalui sosial media atau menelfonnya.


Baca Juga, Ternyata Ini Dia Tanda Oli Mobil Yang Harus Diganti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here