Saat ini, ada banyak komunitas otomotif yang bisa kamu ikuti. Tentunya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bergabung sebagai anggota komunitas, yakni memperluas koneksi dengan teman se-hobi, berbagi tips seputar mobil, serta terlibat dalam berbagai kegiatan yang diadakan mulai dari touring hingga bakti sosial.

Berikut tiga komunitas yang Otodiva lansir dari Honda.com:

Honda Brio Community (HBC)

Salah satu komunitas Honda Brio yang ada di Indonesia yaitu HBC atau Honda Brio Community. Eksis sejak 2 September 2013, komunitas ini tercipta dari sebuah forum Kaskus yang khusus membahas Honda Brio. Hingga saat ini, total anggota komunitasnya mencapai 7.800 orang yang tersebar di 110 kota.

Sebagai komunitas, tentunya HBC memiliki beragam kegiatan yang rutin dilakukan, mulai dari musyawarah dan jambore di setiap daerah, kontes modifikasi, konvoi merah putih, touring akbar, safety driving coaching clinic hingga kegiatan bakti sosial yang diadakan secara serempak di seluruh Indonesia.

Untuk bergabung dengan HBC, kamu bisa langsung menghubungi media sosial Facebook, Instagram dan website resmi HBC di http://www.hondabriocommunity.org/ atau langsung datang ke sekretariat yang berlokasi di Jl. Wareng Kalijambe No.80, Tambun, Bekasi.

Brionesia

Satu lagi komunitas Honda Brio lainnya adalah Brionesia, yang pertama kali didirikan oleh Budi Darmawan dan beberapa rekan lainnya pada 28 Mei 2014. Hingga saat ini, Brionesia telah memiliki 6.700 anggota.

Eko Prasetyo selaku ketua umum Brionesia menuturkan bahwa pada awalnya sempat kebingungan memilih nama untuk komunitas ini, hingga akhirnya dipilihlah Brionesia sebagai gabungan dari kata Brio dan Indonesia. “Selain enak menyebutnya, kami berharap Brionesia bisa mewakili sebuah komunitas sosial yang solid dengan keanekaragaman ras, suku, agama, kepribadian, hobi, dan lain-lain.”

Untuk kamu yang tertarik bergabung, Tyo menjelaskan bahwa syarat untuk bergabung adalah wajib memiliki Honda Brio, SIM A dan KTP. Cara pendaftaran dapat melalui Instagram brionesia.official dan Facebook Brionesia atau melalui pengurus di setiap chapter. Selanjutnya, peserta akan diminta mengisi formulir dan verifikasi data untuk mendapatkan no ID. Saat ini, sekretariat Brionesia berlokasi di Villa Bogor Indah bloc CD 11 No. 20 RT 07 RW 01 Pasir Jambu, Sukaraja, Bogor.

Honda Brio Club Indonesia (HBCI)

Sama seperti komunitas HBC, awal berdirinya komunitas HBCI alias Honda Brio Club Indonesia juga berawal dari forum Kaskus. “Awalnya pengguna Brio CBU generasi pertama berkumpul di forum Kaskus, kemudian terbentuk sebuah grup di BlackBerry Messenger hingga makin lama makin banyak yang bergabung kedalam grup. Akhirnya, kami sepakat mendirikan sebuah komunitas HBCI di Jakarta pada 20 Desember 2012.” Ujar M. Satya Rizqi sebagai Ketua Umum HBCI.

Uniknya, di dalam komunitas HBCI terdapat panggilan khusus untuk setiap anggotanya, yakni BROWNIES alias Brio Owner Indonesia. Kopi darat perdana pun dilakukan di Gelora Bung Karno saat wawancara dengan salah satu majalah otomotif Car & Tuning Guide dengan Ketua Umum HBCI saat itu, Reina Novazania. Hingga saat ini, sebanyak 1.889 member HBCI tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas HBCI pun beraneka ragam, mulai dari kopdar dan tanding olahraga rutin, edukasi safety driving, bakti sosial, modifikasi mobil, mengadakan seminar seputar wirausaha, hingga kompetisi balap, slalom dan time rally.

Untuk bergabung dengan HBCI, dapat mengunjungi website www.hbci.official.id atau menghubungi instagram “hbci_official. Saat ini, seretariat HBCI berlokasi di Gedung Sartika, Jalan Pramuka No. 63. Alun-alun Kota Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga Indonesia Terus Kejar Rencana Investasi Kendaraan Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here