Hal yang menyenangkan dalam memasang berbagai aksesoris pada mobil Anda, dan fitur yang membuat mobil anda cantik, aksesoris berupa barang kesayangan Anda seperti boneka dan jam tangan, sering digunakan oleh para pemilik mobil. Wanita yang terutama suka menambahkan aksesoris untuk mempercantik mobilnya. Namun tahukah aksesoris mana yang aman atau berbahaya untuk digunakan? Ada beberapa penilaian yang menunjukkan keamanan atau bahaya dari aksesoris yang digunakan pada mobil Anda. Berikut beberapa aksesoris yang dapat membahayakan perjalanan Anda, diantaranya yaitu:

1. Sarung Stir

Aksesoris ini banyak digunakan untuk mempercantik interior mobil, namun setir ini pertama kali dibuat tanpa mempertimbangkan keselamatan berkendara, namun pada kenyataannya dibutuhkan banyak grip dan jari untuk mengendalikan kendaraan secara maksimal melalui setir ini. Artinya pemasangan cover stir berbahaya karena merubah sistem ergonomis setir yang telah didesain sangat baik oleh pabrikan otomotif dengan memperhitungkan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, terlebih saat ada situasi yang diluar dugaan (darurat) maka akan sangat sulit mengendalikan mobil dengan setir yang diberi pembungkus ini. Jika terpaksa memakai cover setir maka carilah cover setir yang benar-benar berkualitas dengan grip yang baik pada setir dan juga pada tangan

2. Pembungkus Pedal

Pembungkus pedal sebagian besar terbuat dari logam, dan yang  terbuat dari karet dirancang memiliki grip untuk mencengkeram saat diinjak. Jika Anda menggunakan pembungkus pedal logam, kami menyarankan Anda untuk tidak membungkus rem atau lebih baik menggunakan pembungkus pedal karet yang terpasang erat.

3. Hiasan Kabin

Hiasan kabin yang biasanya menempel pada mobil adalah boneka bagian depan, tempat tisu, atau benda keras lainnya di dashboard mobil. Aksesoris lain yang tahan benturan tanpa pegangan sangat berbahaya bila dilempar atau dijatuhkan di jalan yang tidak rata. Tidak fokus saat berkendara menjadi penyebab utama hiasan kabin pada mobil Anda ini, terutama bila benda keras bisa melukai penumpang.

4. Warna Lampu

Saat ini, meskipun sangat berbahaya lampu depan HID dengan cahaya putih terang seperti matahari dan lampu rem putih (belakang) masih umum digunakan. Lampu depan HID sangat berbahaya bagi kendaraan lain sehingga cenderung mengenai dan tidak dapat membiarkan silau mengenai kendaraan anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa lampu nyala putih tidak cukup untuk menerangi jalan.

Mengganti lampu rem dengan lampu putih dapat menyilaukan pengemudi di belakang, sangat berbahaya bahkan di malam hari. Bukan hal yang aneh bagi pengemudi lain untuk menganggapnya sebagai lampu depan daripada lampu berhenti, yang dapat membingungkan pengemudi. Tidak hanya masalah lampu ini yang berbahaya, tetapi tabrakan juga tidak jarang terjadi, karena tabrakan sangat berbahaya sehingga membuat marah pengemudi lain ketika terganggu oleh lampu yang menyilaukan ini.

5. Forklift Knob

Alat pemutar stir mobil ini dimaksudkan untuk memudahkan pekerjaan manual saat mengemudi (operasi satu tangan dimungkinkan), namun penggunaan forklift knob ini dilarang karena tingkat bahaya yang ditimbulkannya. Ini terjadi dalam keadaan darurat ketika kontrol tidak pas di tangan Anda dan bisa sangat berbahaya dengan setir ini.

Itulah beberapa aksesoris pada mobil yang dapat membahayakan kita selama perjalanan. Semoga bermanfaat, ya!


Baca Juga, Langkah Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mengganti Ban Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here