Faktor cuaca dan musim juga dapat mempengaruhi umur lampu mobil Anda. Tidak hanya itu, getaran dari jalan yang rusak juga dapat memberikan efek tertentu. Karena itu, jika itu bisa terjadi, Anda harus membawa lampu mobil cadangan. Lampu mobil cadangan dapat diganti sewaktu-waktu jika terjadi sesuatu yang tidak terduga. Penyebab paling umum dari lampu mobil mati juga bisa karena tegangan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, filamen lampu mobil pecah karena tegangan yang tidak sesuai. Tidak hanya ada beberapa faktor, tetapi ada faktor lain yang dapat mempengaruhi seberapa cepat mobil tua rusak.

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan lampu mobil mati yaitu, adanya korsleting sehingga sekring secara otomatis memutus rangkaian kelistrikan. Jika putus, jangan langsung diganti. Coba cari apakah ada kabel yang mengelupas atau soket yang tidak normal.

Penggunaan sekring yang terlalu besar juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan lampu mobil mati. Sekring sendiri fungsinya untuk mengamankan rangkaian listrik dari aliran arus besar yang dapat menimbulkan kebakaran. Coba, untuk mengecek sekring dan cocokkan dengan kapasitas asli yang terdapat pada tutup box sekring.

Semakin terang lampu mobil, akan semakin besar arus yang dibutuhkan. Soket lampu pada mobil berbahan plastik dan karet sebagai seal bersifat ringan dan murah. Namun, sangat rentan jika terkena panas yang berlebihan dan terus menerus. Maka, ini yang sering membuat soket lampu mobil meleleh.

Tentu saja, lampu mobil sering yang tiba-tiba mati di tengah jalan, bisa sangat mengganggu dan juga bisa membahayakan, terutama di malam hari. Lampu mobil mati karena filamennya putus. Hal yang sama tidak berlaku untuk kualitas bohlam yang digunakan. Bola lampu yang murah seringkali tidak tahan panas sehingga mudah putus. Misalnya, ada yang baru dinyalakan selama 3 jam sudah putus.

Simak tips untuk mengganti lampu mobil Anda yang sudah Otodiva.com kutip dari laman Garasi.id.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka kap mobil kemudian cabut soket lampu.

2. Setelah itu, bukalah penutup karet pada lampu.

3. Kemudian, masukkan jari Anda kedalam lobang headlamp untuk membuka kaitan kawat atau pengunci lampu.

4. Selanjutnya, gantilah lampu dan pastikan ketiga kaki lampu tepat pada posisinya.

5. Terakhir, yang Anda harus lakukan yaitu mengaitkan kawat pengunci dan tutup kembali karet pelindung tancapkan soket lampu, maka lampu mobil Anda telah selesai.

Berikut adalah cara yang cukup mudah untuk merawat lampu mobil Anda. Semoga tips ini dapat bermanfaat.


Baca Juga, Rekomendasi Ban Mobil Yang Cocok Di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here