Tingginya penjualan mobil dan sepeda motor saat ini mempengaruhi tingginya permintaan pelumas atau oli. Situasi ini telah dimanfaatkan oleh banyak penjahat untuk memproduksi oli palsu yang merugikan konsumen dan merek oli palsu. Oli memainkan peran yang sangat penting dalam mesin dan cukup berat. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan penggantian oli sehingga oli harus diganti secara berkala. Dampak dari menggunakan oli palsu yaitu dapat merusak mesin mobil. Untuk itu, sebaiknya kita lebih berhati-hati lagi dalam memilih oli untuk mobil. Berikut ini tips agar Anda bisa membedakan oli mobil asli dan palsu, yuk simak!

Hal pertama yang Anda harus perhatikan adalah tutup botol oli tersebut. Pembuat oli palsu sering kali menggunakan botol bekas, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mencetak botol baru. Selanjutnya, Anda harus memperhatikan nomor produksi pada botol oli. Pabrik oli yang asli akan menggunakan dua pengenal, yaitu pada tutup botol dan nomor di tutup botol oli. Periksa tutup botol dan badan botol oli. Kedua nomor ini biasanya sejajar dan harus sama persis. Jika ada nomor yang berbeda, Anda dapat mengonfirmasi bahwa oli palsu.

Kemudian, Anda perhatikan label yang ada pada botol oli tersebut. Beberapa produsen oli menggunakan hologram dan kode terpisah tertentu untuk memastikan keaslian produk. Oli palsu sangat mirip, tetapi logo kemasan sering kali menggunakan cetakan berkualitas buruk karena logo asli dari produk asli dipindai dan dicetak ulang. Oleh karena itu, detail dan bahan label dipindai dan dicetak ulang. Kualitas buruk yang digunakan hanya menunjukkan bahwa pelumas adalah yang palsu.

Lalu, Anda juga harus memperhatikan teknologi penutupan pada botol. Produsen oli sering sekali menggunakan teknologi terbaru dan tercanggih untuk memproduksi tutup yang mereka hasilkan. Cirinya, yaitu tutup botol jenis ini hanya bisa digunakan sekali saja. Jika Anda membukanya, tutup botol akan rusak. Hal ini untuk mencegah produk oli dipalsukan.

Yang terakhir, mungkin cukup mudah untuk Anda bisa bedakan, yaitu bau dan warna pada oli. Oli yang asli memiliki karakteristik jernih dan bebas dari bau aneh, tetapi oli palsu sering memiliki bau terbakar atau gosong.

Semoga beberapa tips itu dapat membantu Anda dalam memilih oli asli dan palsu. Belilah oli yang berkualitas baik untuk mesin mobil Anda!

Baca Juga, Cara Mengisi Ulang Oli Mesin Mobil, Ternyata Mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here