Di masa pandemi seperti ini, pemerintah menganjurkan kita untuk tetap dirumah dan membatasi aktivitas keluar rumah. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya tetap dirumah agar penularan bisa terputus. Dengan itu, pemerintah menetapkan peraturan PPKM.

Merawat mesin mobil bukanlah pekerjaan yang mudah karena tidak semua orang paham betul tentang mesin mobil. Bagi Anda yang tidak ingin diganggu, bantuan bengkel atau service mekanik lainnya menjadi solusi yang tepat. Namun Anda juga harus siap menggunakannya, harganya bahkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Nah, untuk berhemat dengan menjaga kondisi mobil tetap terawat, berikut beberapa tips untuk menjaga kebersihan mesin mobil agar mobil tetap terawat selama masa PPKM.

Peratama, yang harus disiapkan pemilik mobil adalah pembersih mesin mobil khusus. Itu digunakan untuk menjaga kebersihan dan daya tahan mesin mobil. Larutan pembersih ini dapat ditemukan di toko mobil dan barang alat perlengkapan mobil. Sangat tidak disarankan asal dalam penggunaan cairan pembersih untuk mencegah hubungan arus pendek atau kerusakan mesin mobil. Berikut beberapa produk pembersih mobil yang mudah digunakan dan ditemukan, diantaranya yaitu:

  • Engine Conditioner
  • Engine Degreaser
  • Engine Flush

Langkah pertama adalah membungkus semua komponen penting dan elektrikal dalam plastik atau mungkin aluminium foil. Misalnya, ventilasi, sensor, koil, dll. Perhatian khusus harus diberikan pada lubang hisap. Air yang mengalir di area ini memiliki efek water hammer.

Untuk membersihkan area yang paling mudah, Anda dapat menggunakan sabun khusus atau sabun pencuci piring. Ini sering digunakan untuk membersihkan mobil sendiri tanpa harus melalui pencucian atau bengkel mobil. Bagian ini seperti kap bawah mobil Anda dan harus dibersihkan dengan benar dengan spons atau sikat gigi di area yang sulit dijangkau.

Kemudian, untuk membersihkan ruang pada mesin mobil. Dapat dilakukan dengan menyemprotkan air selang ke arah ruang mesin. Namun, perhatikan kekuatan dan tekanan air yang keluar dari selang. Bersihkan dengan benar dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di ruang mesin mobil. Cara ini bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke tempat cuci mobil.

Spons dan sikat gigi adalah alat pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan area mobil yang sulit dijangkau. Anda dapat menggunakan keduanya secara bersamaan. Spons digunakan untuk mesin yang kotor dan sikat gigi ini dapat digunakan untuk area mesin mobil yang sulit dibersihkan. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kain yang tidak terpakai.

Pastikan semua bagian sudah dibersihkan kembali, lalu siram mesin dengan air bersih dan keringkan menggunakan kanebo untuk mencegah terjadinya korsleting terutama sampai komponen kelistrikan, harus benar-benar kering. Anda juga bisa menggunakan semprotan khusus agar mobil lebih mengkilap.


Baca Juga, Tips Membeli Mobil Sendiri Untuk Para Mahasiswa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here