Jika Anda telah merencanakan perjalanan jauh untuk sebuah liburan atau rekreasi yang sempurna, saatnya mempersiapkan mobil tua Anda untuk perjalanan jauh. Berikut ini tips mempersiapkan mobil tua untuk perjalanan jauh yang telah Otodiva.com kutip dari The Road Trip Expert. Yuk simak!

1. Jadwalkan pemeriksaan mobil
Buatlah jadwal pada saat ingin pergi ke bengkel, untuk melakukan pemeriksaan mobil seminggu sebelum jadwal perjalanan jauh Anda. Mintalah mekanik tepercaya untuk menyetel mobil dan memperbaikinya sekali lagi untuk memastikan bahwa mobil tua Anda siap melakukan perjalanan jauh.

2. Isi semua cairan yang diperlukan mobil
Periksa level cairan pada pembersih kaca depan, power steering, rem, transmisi, dan mesin pada mobil anda, pastikan semua cairan sudah pada level yang tepat untuk persiapan dalam melakukan perjalanan jauh. Buku panduan pada mobil Anda akan memberi tahu cara menemukan indikatornya.

3. Periksa rem pada mobil
Ini merupakan bagian yang sangat penting pada setiap mobil. Lakukan pemeriksaan pada kampas rem dan cakram pada mobil anda, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Ganti kampas rem dan cakram pada mobil Anda jika di perlukan.

4. Periksa ban pada mobil
Periksa tapak ban mobil Anda dengan cara mengusap bagian permukaan dan pastikan bahwa rambut pada permukaan ban masih sangat banyak dan bagus, jika rambut pada ban mobil Anda sudah tipis dan tersisa sedikit maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Pastikan untuk memeriksa keempat ban di beberapa tempat.

5. Lakukan sendiri pemeriksaan mobil
Periksa mobil sendiri! Pastikan klakson dan fitur – fitur lainnya dapat berfungsi dengan baik, periksa sabuk pengaman, pastikan lampu depan bersih seperti bohlam baru dan lakukan perjalanan pendek untuk mengetahui keamanan dan kenyamanan mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh.

6. Siapkan peralatan darurat dalam mobil
Memiliki perlengkapan darurat di dalam mobil, berapa pun usia mobilnya merupakan hal yang sangat penting untuk perjalanan jauh. Pastikan peralatan tersebut sudah berada di dalam mobil Anda untuk menghindari adanya kerusakan kecil pada mobil Anda.

Baca juga, Ternyata Ini Cara Mendeteksi Mobil Yang Rusak Akibat Banjir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here