Air banjir dapat memiliki efek yang sangat besar pada mobil, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Tapi bagaimana Anda tahu jika mobil Anda rusak karena banjir? Ruas jalan yang tergenang air membuat banyak mobil yang kebanjiran. Mobil yang rusak akibat banjir akan menjadi masalah besar bagi pemiliknya. Apakah mobil Anda diparkir di pinggir jalan atau Anda sedang melewati bagian jalan yang tergenang air, selalu ada kemungkinan mobil Anda bisa kebanjiran. Saran terbaik adalah mencoba menghindari hal buruk yang memungkinkan dapat terjadi dengan memilih tempat parkir Anda dengan hati-hati saat cuaca mendung atau bahkan hujan dan pastikan Anda tidak pernah mengambil jalan yang sudah tergenang air.

Banyak orang dengan polos berasumsi bahwa saat mobil kebanjiran, yang dibutuhkan hanyalah ventilasi yang baik dan meluangkan banyak waktu untuk mengeringkannya. Yang tidak mereka sadari adalah bahwa kerusakan air dapat mempengaruhi komponen mekanis seperti mesin, rem, starter dan catalytic converter, belum lagi sistem kelistrikan. Segala jenis banjir dapat menimbulkan masalah serius pada mobil selama bertahun-tahun yang akan datang dan tidak heran bahwa beberapa pengendara yang tidak bermoral mencoba untuk menjual mobil yang rusak akibat banjir. Dikutip Otodiva.com dari Auto Express, berikut beberapa tanda yang harus Anda waspadai jika baru saja terjadi kebanjiran atau melewati jalan yang tergenang air. Yuk simak!

1. Lakukan Pemeriksaan 
Jika mobil kebanjiran, kemungkinan sistem kelistrikannya rusak. Periksa semua lampu serta barang-barang seperti jendela listrik untuk memastikan semuanya berfungsi.

2. Carilah Bagian Yang Lembab
Beberapa area mobil sulit untuk benar-benar kering, jadi periksa lubang kaki untuk melihat apakah karpet kering. Karpet basah adalah tanda peringatan bahwa mobil mungkin kebanjiran dan begitu juga bau lembap.

3. Periksa Karat
Banyak mobil bekas akan memiliki sedikit karat, tetapi periksa apakah itu konsisten dengan usia dan jarak tempuh mobil. Karat atau korosi yang berlebihan bisa menandakan bahwa mobil pernah mengalami kerusakan karena air.

4. Lihat di Bawah Kap
Pastikan tidak ada karat atau korosi yang berlebihan di bawah kap mesin, dan periksa apakah ada air. Jika ragu, bawalah montir
yang bisa memeriksa bagian-bagian penting.

5. Nyalakan Pemanas
Air yang terperangkap dalam sistem pemanas dan ventilasi dapat menyebabkan kondensasi berlebih, coba nyalakan pemanas dan lihat apakah jendela mulai mengeluarkan uap.


Baca juga, Tips Perawatan Mobil Yang Harus Diketahui Pengemudi Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here