Di Indonesia, ada sekitar ratusan kecelakaan mobil setiap minggunya. Statistik tinggi ini tidak diragukan lagi dan bisa sangat banyak terjadi, namun ternyata mungkin bisa untuk menguranginya. Dengan meneliti dan mempelajari penyebab kecelakaan, kita dapat menjadi pengemudi yang lebih baik dan mengetahui apa yang harus diwaspadai saat berada di jalan raya. Nah, berikut beberapa penyebab kecelakaan mobil yang paling umum, dikutip oleh Otodiva.com dari womanaroundtown.com, diantaranya yaitu:

1. Mengebut
Mengebut adalah salah satu penyebab utama kecelakaan mobil dan dapat menyebabkan beberapa cedera paling fatal. Batas ini diberlakukan karena suatu alasan, jadi pastikan Anda tetap waspada dan sesuaikan kecepatan Anda bila perlu.

2. Cuaca Buruk
Saat Anda seorang pengemudi pelajar, Anda mungkin tidak punya banyak kesempatan untuk berlatih mengemudi dalam kondisi cuaca yang buruk. Hal ini dapat membuat Anda panik atau mengemudi dengan tidak aman saat hujan lebat atau badai. Faktanya adalah, cuaca selalu dapat berubah dengan cepat, jadi penting untuk bersiap-siap. Periksa cuaca sebelum berangkat, dan pastikan Anda bisa berkendara dengan kondisi cuaca yang berbeda.

3. Kurangnya Pengalaman
Seperti disebutkan di atas, pengemudi pelajar sering tidak mendapatkan banyak kesempatan untuk melatih keterampilan mengemudi yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan mereka menjadi gugup di jalan dan berpotensi membahayakan orang lain. Selain itu, tanpa diperbaiki dengan benar, pengemudi yang tidak berpengalaman dapat mengembangkan kebiasaan buruk tertentu yang akan terus mereka ikuti sepanjang hidup mereka. Pelajaran profesional dapat membuat perbedaan besar dan membantu pengemudi menjadi lebih percaya diri dengan kendaraannya.

4. Mengemudi Terganggu
Di AS, pengemudi yang terganggu adalah penyebab kecelakaan mobil nomor satu. Ini biasanya akibat dari menggunakan telepon, berurusan dengan hewan peliharaan & anak-anak dan bahkan lelah dalam perjalanan. Untuk menghindari pikiran Anda mengembara, penting untuk mempersiapkan perjalanan Anda dan memastikan bahwa kendaraan Anda bebas dari gangguan. Ikat binatang dan kasihlah sesuatu barang untuk anak-anak agar mereka diam, dan pastikan untuk mematikan ponsel Anda saat mengemudi.

5. Mengemudi Dalam Keadaan Mabuk
Mengemudi dalam keadaan mabuk adalah pelanggaran berat, tetapi sayangnya banyak orang masih mabuk di belakang kemudi. Untuk menghindari melukai diri sendiri dan orang lain, jangan pernah mengemudi setelah minum melebihi batas yang diperbolehkan.

Dengan membaca artikel di atas, sekarang Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang beberapa penyebab kecelakaan mobil yang paling umum. Semakin banyak kita belajar, semakin waspada kita saat mengemudi.


Baca Juga, Tips Menghindari Resiko Kecelakaan saat Mengemudi Malam Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here