Pada saat Anda mengemudi di jalan, melihat ke kaca spion Anda, dan menyadari mobil di belakang Anda terlalu dekat. Jika Anda harus berhenti tiba-tiba, mereka pasti akan menabrak Anda. Situasi ini bisa membuat frustrasi dan berbahaya, itulah mengapa sangat penting untuk memberi ruang yang cukup bagi mobil di sekitar Anda. Berikut ini penjelasan tentang jarak aman dalam berkendara yang Otodiva.com kutip dari Drivers Ed. Yuk, simak!

Jarak Aman Mengemudi

Saat mengemudi di belakang kendaraan lain, Anda dapat menentukan jarak aman antar mobil dengan aturan tiga detik. Itu berarti bahwa ketika sebuah mobil melewati suatu titik tertentu, Anda harus dapat menghitung setidaknya tiga detik sebelum Anda melewati titik yang sama. Ini hanya jarak aman minimum antar mobil. Lebih banyak ruang akan lebih baik bila memungkinkan dan direkomendasikan saat kondisi jalanan yang tidak ideal.

Mengapa Menjaga Jarak Aman itu Penting?

Kecelakaan mobil yang melibatkan satu kendaraan dari belakang yang menabrak kendaraan lain adalah salah satu jenis kecelakaan yang paling umum dan juga salah satu yang paling berbahaya di dunia. Sebuah studi oleh National Highway Traffic Safety Administration menemukan bahwa hampir 30% dari semua kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cedera serius disebabkan oleh tabrakan dari belakang atau beruntun. Anda dapat membantu mereka dan juga diri sendiri untuk menghindari kecelakaan fatal dengan mengikuti aturan tiga detik bila memungkinkan. Jika seseorang terlalu dekat di belakang Anda, yang terbaik adalah membiarkannya lewat terlebih dahulu sehingga mereka tidak terlalu dekat dengan mobil anda dan semakin menjauh.

Teknik Berkendara Agar Tetap Aman di Jalan

Saat menuju keluar jalanan, penting untuk menyadari apa yang bisa saja salah untuk di lakukan. Kemudian, Anda dapat mengambil langkah cepat untuk mencegah kecelakaan yang tidak di inginkan. Misalnya, dengan mengetahui bahwa tabrakan dari belakang sering terjadi dan berbahaya, Anda dapat memastikan bahwa Anda menjaga jarak aman dan orang lain tidak terlalu dekat di belakang Anda.

Perlu diingat bahwa menjaga jarak aman bukan saja hal yang penting melainkan sebuah kewajiban bagi pengendara untuk menjaga keamanan dan keselamatan pada saat berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga, Tips Berkendara Motor Saat Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here